Sumur Kejayaan Tempat Wudhu Sunan Gunung Jati

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 19 Desember 2016
Sumur Kejayaan Tempat Wudhu Sunan Gunung Jati
Sumur Kejayaan, Keraton Kasepuhan Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Merahputih/Mauritz)

MerahPutih Budaya - Keraton Kasepuhan Cirebon, merupakan salah satu keraton terbesar yang ada di Cirebon, Jawa Barat. Di keraton ini banyak tersimpan benda-benda bersejarah peninggalan Sunan Gunung Jati.

Selain itu, tempat-tempat bersejarah yang dulu biasa digunakan oleh Sunan Gunung Jati dalam menjalani dan menyebarkan agama Islam masih terawat dengan baik. Salah satunya ialah Sumur Kejayaan.

Sumur ini berada satu lokasi dengan petilasan Pangeran Cakrabuana dan petilasan Sunan Gunung Jati dan juga letaknya tidak jauh dari tempat yang dulu dipergunakan oleh para Wali Songo untuk rapat yakni di dalam Patilasan Dalem Agung Pakungwati.

Pak Enju, ketua kuncen Keraton Kasepuhan menuturkan, Sumur Kejayaan dibuat pada 1430M sebagai tempat untuk berwudhu Pangeran Cakrabuana, Kanjeng Sunan Gunung Jati dan para santrinya.

Sumur ini memiliki pantangan tersendiri yaitu bagi kaum hawa dilarang masuk ke dalam kompleks Dalem Agung Pakungwati di mana sumur tersebut berada.

"Itu pesan dari Kanjeng Sunan Gunung Jati yang terus kami jaga sampai Sekarang," kata Enju.

Enju tidak dapat menjelaskan secara detail mengapa adanya larangan tersebut. Namun menurut Enju, zaman dulu, Dalem Agung Pakungwati merupakan tempat berdoa, wirid Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati, sehingga dikhawatirkan jika ada perempuan yang masuk ke tempat tersebut dapat mengganggu konsentrasi.

"Air yang diambil dari Sumur Kejayaan boleh dipakai oleh perempuan, tetapi setelah dibawa keluar," jelasnya.

Sumur Kejayaan yang dulunya bernama Sumur Kahuripan, selain sebagai tempat berwudhu, juga sumur ini dipergunakan untuk mandi oleh para santri jika akan menjalani tugas yang diberikan Kanjeng Sunan Gunung Jati.

"Airnya dipercaya dapat membawa barokah, tetapi semuanya atas ridho Allah SWT," sebutnya.

Air Sumur Kejayaan tidak pernah kering pada musim kemarau dan tidak terasa asin padahal letak Keraton Kasepuhan tidak begitu jauh dari pantai.

"Airnya dingin, jernih dan tidak asin, padahal sumur lain yang ada di dekat Keraton airnya asin," ungkap Enju.

Air Sumur Kejayaan hampir setiap harinya banyak dipakai oleh para wisatawan yang berkunjung ke sumur tersebut, selain untuk mandi, cuci muka dan wudhu, tidak sedikit wisatawan yang membawa pulang air dari sumur itu.

Nah bagi Anda yang ingin merasakan air Sumur Kejayaan silahkan datang ke Keraton Kasepuhan Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. (Mauritz)

BACA JUGA:

  1. Misteri Sumur Panguripan di Makam Keramat Gajah Barong
  2. Sumur Tujuh Cikajayaan, Petilasan Wali Asal Cirebon
  3. Inilah Nama-nama Sumur Tujuh Cikajayaan
  4. Wisata Religi ke Sumur Tujuh Cikajayaan Yuk
  5. Pelukis Karikatur Bulaksumur Raup Omzet hingga Rp4 Juta per Bulan
#Kota Cirebon #Cirebon Jawa Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan