Sumpit Pintar, Bisa Bikin Makanan Jadi Lebih Gurih Peneliti di Jepang kembangkan sumpit pintar (Foto: odditycentral)

PONSEL pintar atau jam tangan pintar mungkin sudah biasa terdengar. Tapi, pernahkah kamu mendengar Sumpit Pintar? Alat tersebut terdengar sangat asing diteling. Selain itu, pasti banyak orang juga yang mempertanyakan fungsinya, atau hanya menganggap sekadar lelucon belaka.

Namun hal itu nyata terjadi di Jepang, produsen minuman Jepang Kirin Holdings dan peneliti di Universitas Meiji Tokyo, bekerjasa sama membuat sumpit pintar, yang konon kabarnya dapat membuat rasa makanan bisa menjadi lebih gurih.

Baca Juga:

Siswa SMA Jepang Sukses Ciptakan Alat Potong Kue Canggih

Profesor dari Universitas Meiji, Homei Miyashita, sudah meneliti stimulasi listrik sebagai cara untuk mengubah cara orang mengalami makanan dan rasa selama bertahun-tahun.

Pada 2016 lalu, Miyashita bersama dengan rekan peneliti Hiromi Nakamura, menjadi berita utama nasional untuk mengembangkan garpu listrik revolusioner, yang bisa membuat makanan apapun terasa lebih asin dari rasa asli makanan tersebut.

Sumpit Pintar kabarnya bisa mengubah rasa makanan menjadi lebih gurih (Foto: odditycentral)

Selain itu, dua tahun lalu peneliti tersebut juga mendapat perhatian lebih soal proyek Taste the TV (TTTV), sebuah layar TV yang bisa dijilat dan meniru rasa berbagai makanan. Hingga akhirnya baru-baru ini Miyashita menjadi perbincangan di dunia maya berkat penemuan terarunya, yakni sepasang sumpit pintar yang kabarnya bisa membuat makanan lebih gurih.

Rata-rata dari orang Jepang mengonsumsi sekitar 10 gram garam dalam sehari, dua kali lipat dari asupan natrium harian yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun Miyashita mengklaim bahwa stimulasi listrik bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Sumpit Pintar tersebut sukses dihadirkan berkat kerjasama dari Miyashita dan Kirin Holdings, dan tercatat sebagai sumpit pintar pertama di dunia. Menariknya, sumpit itu diduga bisa meningkatkan rasa asin makanan rendah sodium hingga 1,5 kali lipat.

Perangkat makanan pintar tersebut menggunakan stimulasi listrik serta komputer mini yang dikenakan pada tangan pemakan. Entah seperti apa skema transmisi ion natrium dari makanan lewat sumpit ke mulut pengguna, hingga terciptanya sensasi rasa asin yang ditingkatkan.

Baca Juga:

Peneliti Temukan Filter Canggih Untuk Bersihkan Air dengan Cepat

Melalui sebuah pernyataan, Kirin Holdings menjelaskan bahwa sumpit menggunakan listrik yang sangat lemah dan tidak cukup untuk mempengaruhi tubuh manusia. Hal itu untuk menyesuaikan fungsi ion seperti natrium klorida serta natrium glutamat, untuk mengubah persepsi rasa dengan membuat makanan seperti rasanya lebih kuat atau lemah.

"Jika kamu mencoba untuk menghindari mengonsumsi lebih sedikit garam dengan cara konvensional, kita perlu menanggung rasa sakit, karena memotong makanan favoritmu dari dietmu, atau bertahan dengan makan makanan hambar," ujar Peneliti dari Kirin Holdings, Ai Sato yang mengerjakan alat itu bersama Profesor Mayashita, seperti yang dikutip dari laman odditycentral.

Kedua peneliti tersebut menjelaskan, bahwa uji klinis yang dilakukan pada orang yang melakukan diet rendah sodium, sudah menkonfirmasi kemanjuran khasiat sumpit pintar tersebut. Para peserta yang menawarkan sup miso rendah sodium, dikabarkan memuji pengaruh sumpit tersebut menjadikan rasa makanan lebih lezat.

Kabarnya, Mayashita dan Ai Sato tengah mempersiapkan sumpit pintar tersebut untuk dijual secara umum pada awal tahun 2023 nanti. (Ryn)

Baca Juga:

Mengenal Kecanggihan Manikur Microchip

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bantu UMKM Bangkit Lewat Kolaborasi Side.id
Fun
Bantu UMKM Bangkit Lewat Kolaborasi Side.id

Cara untuk mendongkrak penjualan. Salah satunya, mencoba ikut Kolaboraside.

Lagi Hits, Yuk Kenal Lebih Jauh Aplikasi SnackVideo
Fun
Lagi Hits, Yuk Kenal Lebih Jauh Aplikasi SnackVideo

SnackVideo menyuguhkan video menarik dan menghibur.

Film di Negeri Aing
Hiburan & Gaya Hidup
Film di Negeri Aing

Jangan lupa matikan dering ponsel, jangan berisik, apalagi merekam film, dan di pojokan harap jangan terlalu sibuk banget. Pliz lahh.

Xbox Patenkan Fitur Verifikasi untuk Gim Fisik
Fun
Xbox Patenkan Fitur Verifikasi untuk Gim Fisik

Kali pertama digarap Microsoft.

4 Zodiak Ini Dikenal Tidak Bisa Setia
Fun
4 Zodiak Ini Dikenal Tidak Bisa Setia

Berikut 4 zodiak yang tidak bisa setia menurut astrologi.

Perempuan Korban Kekerasan Seksual Lebih Rentan Terkena Gangguan Otak
Fun
Perempuan Korban Kekerasan Seksual Lebih Rentan Terkena Gangguan Otak

Semakin banyak penelitian tentang dampak jangka panjang kekerasan seksual pada tubuh dan pikiran.

Pengisi Suara Ellie dan Joel Terlibat dalam Serial The Last of Us
Fun
Pengisi Suara Ellie dan Joel Terlibat dalam Serial The Last of Us

Dua wajah baru yang akan bermain di serial The Last of Us.

Series 'Daur Hidup' Tuangkan 9 Cerita Tentang Manusia
Fun
Series 'Daur Hidup' Tuangkan 9 Cerita Tentang Manusia

Series 'Daur Hidup' memberikan pesan moral begitu mendalam untuk manusia.

Inspirasi Kuliner untuk Sambut Hari Kasih Sayang
Fun
Inspirasi Kuliner untuk Sambut Hari Kasih Sayang

Sambut Hari Kasih Sayang dengan memasak beragam makanan.

Cara Menjaga Kebersihan Gigi Anjing Agar Tetap Sehat
Fun
Cara Menjaga Kebersihan Gigi Anjing Agar Tetap Sehat

80 persen anjing menunjukkan tanda-tanda penyakit periodontal sejak usia tiga tahun.