Sumber Hormon Estrogen Alami Bantu Seimbangkan Organ Reproduksi Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai sumber estrogen. (Foto: Pixabay/trelismat)

TIDAK ada manusia yang sama. Baik kepribadian maupun kondisi fisiknya. Semua orang berharap dan berdoa untuk kelahiran buah hati yang sempurna fisiknya tetapi dalam beberapa kasus ada perbedaan yang signifikan. Seperti perbedaan kadar hormon dalam tubuh. Tingkat kesuburan seorang perempuan berbeda satu sama lain tergantung hormon estrogen yang ada di dalam tubuhnya. Lalu bagaimana jika kamu kekurangan hormon tersebut?

Melansir dari msn.com, hormon estrogen berperan penting dalam tubuh perempuan. Keberadaannya sangat dibutuhan untuk menyeimbangkan kerja organ reproduksi. Tetapi hormon ini tidak selalu ideal jumlahnya di dalam tubuh. Ada banyak bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan hormon estrogen. Jangan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia karena bisa berdampak buruk di kemudian hari.

Baca Juga:

Efek Tak Terduga Yang Timbul Saat Rajin Olahraga


1. Kedelai

kedelai
Terdapat kandungan isoflavon dalam kedelai yang bisa meningkatkan hormon estrogen. (Foto: Pixabay/bigfatcat)


Di dalam kedelai terdapat kandungan isoflavon yang memicu peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh perempuan. Untuk itu, pria disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi kedelai karena bisa memicu hormon tersebut di dalam tubuhnya. Peningkatan hormon estrogen dalam tubuh pria akan menurunkan gairah seksual serta penurunan kualitas sperma.


2. Wine

anggur
Peredaran darah yang lancar merupakan kunci kerja hormon optimal. (Foto: Pixabay/congerdesign)


Kamu pasti bingung kenapa wine ternyata bisa memicu peningkatan kadar hormon estrogen. Meskipun tidak berperan secara langsung tetapi wine cukup besar dampaknya. Wine mampu melancarkan peredaran darah manusia sehingga kerja hormon pun semakin lancar. Asal jangan sampai mabuk ya!

Baca Juga:

Orang Dewasa Bisa Mengalami Tantrum?

3. Biji Rami

rami
Biji rami mengandung lignan. (Foto: Pixabay/Pezibear)

Biji rami mengandung lignan yang merupakan zat paling identik dengan fitoestrogen. Tetapi cara kerjanya sedikit berbeda. Lignan mampu mengubah struktur metabolisme estrogen dalam tubuh perempuan. Ketika kamu sudah mengalami menopause pun, zat lignan bisa memproduksi estrogen walaupun dalam jumlah sedikit.


4. Buah

buah
Buah mengandung fitoestrogen sebagai perangsang produksi estrogen. (Foto: Pexels/Abhijit Mulye)

Hampir semua jenis buah terutama buah apel dan peach mengandung fitoestrogen. Kandungan ini memiliki fungsi utama sebagai perangsang produksi hormon estrogen. Wah harus lebih rajin makan buah nih mulai sekarang!. (mar)


Baca Juga:

Gangguan Mental Paling Banyak Menyerang Generasi Milenial, Apa Penyebabnya?



Paksi Suryo Raharjo