Sumber Gangguan Internet Indihome Ada di Batam, Lokasinya 20 Meter Bawah Laut

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 20 September 2021
Sumber Gangguan Internet Indihome Ada di Batam, Lokasinya 20 Meter Bawah Laut
Ilustrasi internet IndiHome (ANTARA/HO/21)

MerahPutih.com - TelkomGroup mengidentifikasi masalah kabel laut yang menyebabkan gangguan internet pada layanan Indihome dan Telkomsel sejak kemarin, Minggu (19/9) malam. Titik gangguan berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam, di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono, dalam rilis, Senin (20/9).

Baca Juga:

Indonesia Bagian Timur Alami Gangguan Internet

Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak. Ganguan teknis dirasakan masyarakat di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

internet
Internet. (Foto:Pixabay)

"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," tutur Pujo.

Sebelumnya, Telkomsel, dalam keterangan terpisah dilansir dari Antara, menyatakan gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, pada Minggu (19/9) kemarin. Gangguan hanya berakibat pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal.

Manajemen Telkom juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak. "Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya," kata SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza, melalui siaran pers itu. (*)

Baca Juga:

Clubhouse Hadirkan Efek Audio Spasial, Apa Itu?

#Internet
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan