Sumarsono Sebut TGUPP Gubernur Anies 'Gemuk', Ini Jumlah yang Ideal Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono. (MP/John Abimanyu)

MerahPutih.com - Jumlah anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang mencapai 73 orang dinilai terlalu banyak. Idealnya, jumlah anggota TGUPP sebanyak 45 orang.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Sumarsono mengatakan jumlah anggota TGUPP untuk Gubernur Anies Baswedan terlalu banyak. Menurutnya, jumlah 45 orang sudah ideal untuk membangun ibu kota.

"Kalau perhitungan saya, logikanya yah kalau mau jumlah sebetulnya 45. Kenapa hitungannya karena pada kabupaten dan ibukota itu ada 5 (orang) dikali 6 (wilayah) jadi 30. Ditambah di sini 15 jadi 45. Itu idealnya," kata Soni di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Lebih lanjut, Soni khawatir dengan kebanyakan jumlah anggota TGUPP itu malah akan menimbulkan disharmoni antara TGUPP dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI.

"‎Kalau kebanyakan takut terjadi disharmoni dan yang dikhawatirkan adalah bayang-bayang gubernur. Bisa ke SKPD mengatasnamakan gubernur dan seterusnya. Kadangkala lebih menakutkan dari gubernurnya sendiri," ujarnya.

Selain itu, mantan Pelaksana Tugas Gubernur (PLT) DKI Jakarta tersebut meminta adanya pengaturan yang jelas terkait tugas TGUPP. Pasalanya, bila tak ada aturan yang jelas dia khawatir akan terjadi tumpang tindih dengan tugas dari SKPD.

"‎TGUPP menanggani pekerjaan yang secara teknis tidak ditangani oleh SKPD sehingga dia menjadi perekat di antara SKPD," tungkasnya

Seperti diketahui, TGUPP Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sejumlah 73 anggota. Nantinya 73 anggota TGUPP tersebut akan dibagi menjadi lima bidang. Bidang percepatan pembangunan, bidang pencegahan korupsi, bidang harmonisasi regulasi, bidang pengelolaan pesisir, bidang ekonomi dan pembangunan.

Jumlah anggota TGUPP perbidang pun nantinya akan berbeda-beda, hal itu diatur dalam Peraturan Gubernur. (Asp)

Baca juga berita lain terkait TGUPP di: Mantan Ketua KPK Masuk TGUPP, Sandiaga: Saya Belum Bicara Nama-nama

Kredit : asropih


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH