Sultan HB X Tegaskan Yogyakarta Belum Lockdown, Tapi Calmdown Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X meminta seluruh warga Yogyakarta untuk 'Calmdown' menghadapi virus corona. Warga diimbau tidak panik dan tetap waspada pada penyebaran virus COVID-19. Sri Sultan menegaskan dirinya belum memberlakukan lockdown di wilayah Yogyakarta.

"Daerah istimewa Yogyakarta belum menerapkan lockdown. Melainkan Calmdown untuk menenangkan batin dan menguatkan kepercayaan diri," tegas Sri Sultan saat agenda Sapa Aruh "Cobaning Gusti Allah wujud virus corona di kantor Kepatihan Yogyakarta Senin (23/3)

Baca Juga

LBH Minta Pemerintah tak Bebankan Biaya Warga Periksa Tes COVID-19

Warga diminta tidak keluar rumah selama 14 hari kecuali untuk keperluan yang mendesak. Bagi warga yang sakit, Sri Sultan mewajibkan untuk mengisolasi diri dalam rumah.

"Bisa jadi kita merasa sehat tapi malah bisa jadi kita yang membawa bibit penyakit. Kalau ga mendesak jangan keluar," tegasnya.

Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X
Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X. Foto: MP/Teresa Ika

Selain itu mereka yang keluar rumah diminta untuk menghindari kerumunan dan keramaian. Acara yang mengundang kerumuman orang diminta untuk dikurangi.

Baca Juga

Kurang Tegasnya Pemerintah Tegakkan 'Social Distancing' Picu Penyebaran Corona

Gaya hidup sehat, lanjutnya harus mulai diterapkan dari diri sendiri. Sri Sultan HB X mendorong warga untuk sesering mungkin mencuci tangan dan membersihkan rumah menggunakan cairan disinfektan.

Upaya pola hidup sehat dan isolasi diri diharapkan mampu memutus rantai penyebaran Corona. Sehingga penyebaran virus ini bisa ditekan.

"Saya mohon masyarakat punya pengendalian diri. Sehingga korban Corona tidak tambah banyak,"pungkasnya.

Wakil Gubernur Sri Paduka Paku Alam X dan Sekretaris Daerah(Sekda DIY) Baskara Aji turut mendampingi Sri Sultan dalam menyampaikan pesan penting ini.

Baca Juga

Corona Bikin Rakyat Kecil Morat-marit, Puan Ingatkan Jokowi Jangan Tutup Mata

Hingga Minggu (22/3), tercatat ada 5 orang warga Yogyakarta yang positif Corona. Satu dari 5 orang tersebut dinyatakan sembuh. Selain itu sudah 76 orang telah mengikuti test SWAB 20 orang di antaranya negatif Corona. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH