Sultan HB X Serukan Rekonsiliasi  Seusai Pemilu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerukan adanya rekonsiliasi pasca pemilu. Rekonsiliasi diperlukan secepatnya untuk "mendinginkan" suasana.

"Diharapkan agar para pihak menginisiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana kebatinan para pendukungnya," ujar Sri Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa 21 Mei 2019.

Sri Sultan ini mengajak masyarakat Yogyakarta untuk menerima hasil pemilu dengan legowo. Terutama bagi pendukung paslon yanng kalah.

Sultan Hamengku Buwono berharap semua pihak kembali merekatkan persaudaraan dan kebersamaan seusai Pemilu
Sultan Hamengku Buwono X berharap semua pihak kembali merekatkan kebersamaan dan persaudaraan seusai Pemilu 2019 (MP/Teresa Ika)

Ia mendorong warga Yogyakarta bersama-sama memulai kembali merajut kedamaian dan persaudaraan. Salah satu caranya dengan melepaskan sekat-sekat dan batasan yang terbentuk selama masa Pilpres dengan memperbanyak silaturahmi.

"Bagi masyarakat DIY, saya berharap untuk mengembalikan harmoni hubungan dalam kehidupan bermasyarakat bernegara guna menjaga persatuan bangsa," kata Sultan.

BACA JUGA: Pasukan Polisi Bermotor Dikerahkan Bubarkan Massa Sekitar Bawaslu

Tampung Peserta Aksi 22 Mei, Pimpinan Masjid Al Ittihad Ditangkap

Esok Kembali Beraksi, Massa Pengunjuk Rasa Depan Bawaslu Bubarkan Diri

Raja Yogyakarta ini juga meminta masyarakat menghargai pihak-pihak yang berbeda pilihan dan keyakinan sebagai tali pengikat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebelumnya Sultan Hamengku Buwono X juga mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf yang unggul berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, repoter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH