Sultan HB X Minta Adegan Film G30S/PKI Diedit, Ini Alasannya

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 20 September 2017
Sultan HB X Minta Adegan Film G30S/PKI Diedit, Ini Alasannya
Sri Sultan Hamengku Buwono X. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X tak mempermasalahkan pemutaran film G30S/PKI di wilayahnya. Meskipun begitu, ia meminta adanya pengeditan beberapa adegan film yang mengandung kekerasan.

"Pikikan anak-anak. kalau mau diputer di depan anak-anak, ya dipotong atau edit adegan (kekerasannya) untuk keamanan," kata Sri Sultan HB X usai menghadiri Rakornas Kesbang Pol di Hotel Rich Sahid Yogyakarta, Rabu (20/10).

Ia khawatir adegan kekerasan bisa berdampak buruk bagi anak-anak saat nonton bareng. Pasalnya filem G30S/PKI sarat akan adegan kekerasan. Film ini menggambarkan kesadisan PKI saat menyiksa beberapa petinggi TNI hingga tewas dalam gerakan bawah tanah 30 September 1965.

"Anak-anak harus dilindungi. Jangan sampai anak-anak melihat kekerasan," tegas raja Yogyakarta ini.

Ia menegaskan pemutaran film ini tidak ada keterkaitannya dengan kebangkitan kembali PKI. Namun ia menegaskan belum mendapatkan informasi adanya kebangkitan kelompok yang mirip dengan PKI di wilayahnya.

Walaupun begitu, Pria mantan politikus Golkar ini mengimbau warga dan aparat untuk tetap hati-hati dan mencegah kebangkitan kembali organisasi serupa PKI.

"Sampai sekarang di Jogja tidak ada gerakan kebangkitan PKI. Harus hati-hati saja itu partai terlarang. Pemerintah pusat harus bisa mengidentifikasikannya dari sekarang," ujarnya.

Sebelumnya, Danrem Pamungkas 072 DIY Brigjen Pol Fajar Setyawan mengatakan akan segera memutar film G30S/PKI dalam waktu dekat. Nonton bareng ini akan diselenggarakan selain di markas markas besar TNI, juga di beberapa tempat umum seperti balai desa dan sekolah-sekolah.

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya pada artikel: Selain Di Markas TNI, Ini Tempat Lain Pemutaran Film G30S/PKI

#Yogyakarta #G30S/PKI #Film G30S/PKI #Partai Komunis Indonesia (PKI)
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan