Sultan HB X Menangis Mendengar Gereja Santa Lidwina Diserang Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Foto: Teresa Ika/MP

MerahPutih.com - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X sedih dan prihatin dengan peristiwa penyerangan pastur dan umat di gereja Santa Lidwina Bedog, Sleman, Yogyakarta. Ia pun bertekad peristiwa intoleran tidak terulang kembali di kota budaya ini.

"Saya sedih dan sampai menangis saat dengar peristiwa itu. Saya tidak mengerti kenapa ada perbuatan yang keji tanpa rasa kemanusiaan kepada umat yg melakukan ibadah," ujar Sultan HB X usai menjenguk korban penyerangan di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, Minggu (11/02) malam.

Ia meyakini sikap intoleran dan permusuhan bukanlah karakter dan sifat dasar warga Yogyakarta. Sehingga ia berharap warga Yogyakarta tetap menjaga keharmonis, gotong royong dan toleransi antar umat beragama.

Pihaknya mengatakan saat ini Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) sudah berdiskusi dan sedang merumuskan strategi mencegah tindakan intoleran dikemudian hari. Ia berharap agar Forkompinda mengumpulkan para ormas dan kemudian menggalang kesepakatan untuk menghentikan kekerasan dan tindakan intoleran.

"Apapun keyakinan tetap harus dihargai. Umat agama apapun harus mendapat perlindungan saat menjalankan ibadah. Tidak boleh ada kekerasan apapun tindakan intoleransi lagi,"tegas raja Yogyakarta ini.

Ia pun memerintahkan aparat kepolisian, babinkamtibnas hingga pasukan jaga warga untuk meningkatkan penjagaan pada kegiatan beribadah umat beragama di luar acara besar. "Kepada warga Yogyakarta saya harap jangan terprovokasi. Kami menjamin keamanan umat beragama untuk beribadah,"pungkas Sultan.

Sri Sultan yang baru tiba dari Jakarta, langsung menjenguk empat korban luka. Ia datang ditemani Ka Kanwil Kemenag DIY Lutfi Hamid dan Uskup Agung Semarang Mgr Rubiyatmoko.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel terkait di: Gereja St Lidwina Diserang, Sultan: Kenapa Ini Mesti Terjadi



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH