Sulli akan Dimakamkan dalam Upacara Tertutup Pemakaman Sulli akan dilakukan secara tertutup. (Sumber: CNA)

KEMATIAN Sulli pada Senin (14/10) menyita perhatian dunia dan seluruh penggemar K-pop. Seperti dilansir Antara, Departemen Pemadam Kebakaran Seongnam menyebut gadis 25 tahun yang pernah jadi anggota grup K-pop f(x) itu ditemukan meninggal ketika paramedis tiba di lokasi kejadian.

Mereka mengirim ambulans ke rumah Sulli saat menerima telepon dari manajer Sulli pada Senin, pukul 15.20 waktu setempat. Manajer tidak bisa menghubungi Sulli setelah terakhir kali meneleponnya sehari sebelumnya. Paramedis yang datang mengatakan Sulli menunjukkan tanda-tanda gagal jantung dan kasus itu diserahkan kepada polisi.

BACA JUGA: Fakta tentang Kematian Misterius Sulli Mantan Anggota F(x)

Sehari setalah peristiwa itu, pihak agensi yang menaungi Sulli mengeluarkan pernyataan bahwa pemakaman sang artis akan dilangsungkan secara tertutup. Dilansir Straits Times, SM Entertainment mengatakan tempat pemakaman Sulli tidak akan diumumkan kepada publik. Hal itu untuk menghindari serbuan penggemar dan pewarta.

Agensi besar itu meminta media untuk menerima pengumuman itu dengan lapang dada. Mereka menambahkan, keluarga Sulli ingin 'perjalanan terakhir Sulli' berlangsung 'indah'.

Sulli Gangguan Mental
Pihak keluarga ingin pemakaman berlangsung indah. (Sumber: Rotta)

Menurut News Room JTBC, di rumah Sulli, polisi menemukan catatan berisi tulisan tangan Sulli mengenai hidupnya. Tidak ada tanda-tanda pembobolan di rumahnya.

Mereka meyakini Sulli masih bekerja hingga sehari sebelum kematiannya. Ia bahkan sudah dijadwalkan untuk syuting iklan untuk tas bermerek Stretch Angels.

Kematian Sulli menjadi contoh lain dari artis K-pop yang tersudut akibat tekanan industri hiburan. Pada 2017, kematian Jonghyun anggota Shinee menjadi tamparan bagi dunia hiburan Korsel. Setelah meninggal bunuh diri, Jonghyun menulis catatan bunuh diri bahwa dia 'merasa hancur di dalam'.

Sulli menangis
Sempat break dari dunia hiburan pada 2014. (Sumber: Koreaboo)

Kesehatan mental para selebritas dalam industri hiburan Korea Selatan yang persaingannya ketat membuat para penggemar khawatir. Banyak yang menyalahkan manajemen karena tidak memberi perhatian kepada artis mereka.

Sulli menangguhkan aktivitas dalam industri hiburan pada 2014 karena menghadapi perundungan di media sosial.

Saat ini, Mina dari grup TWICE dan Yeonwoo dari Momoland juga menghadapi masalah kecemasan.(*)

BACA JUGA: Potret Tragis Kehidupan Sulli: Raih Popularitas di Usia Muda Hingga Mati di Usia Muda



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH