K-Pop

Sulitnya Pekerjaan Stylish Artis Korea

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 09 Januari 2018
Sulitnya Pekerjaan Stylish Artis Korea
Stylish. (Foto: YouTube)

PENAMPILAN artis Korea selalu tampak menawan saat berada di atas panggung atau di depan kamera. Di balik penampilan mempesona para selebrita, ada peran seorang stylish.

Para stylish selalu berusaha keras demi penampilan terbaik para artis Korea. Tak hanya berusaha, para stylish juga mendapat perlakuan kejam dan tak adil. Mereka harus mengetahui model pakaian dan merek yang disukai artis yang ditatanya.

Selain itu mereka harus berunding dengan sponsor yang produknya disukai artis tersebut. Asisten stylish memiliki pekerjaan yang jauh lebih berat. Pekerjaan mereka juga menuntut kekuatan fisik dalam menjalankan tugasnya.

Asisten stylish harus membawa sejumlah pakaian dari sponsor atau butik dan mengembalikannya setelah penggunaan setiap harinya. Seorang aktor membutuhkan lima hingga enam pakaian sekali tampil. "Bayangkan seberapa berat pakaian yang harus kami bawa setiap harinya untuk seorang aktor atau selebrita," ungkap seorang asisten stylish.

Pekerjaan seorang asisten stylish akan terasa semakin berat jika artis yang ditanganinya bukanlah artis top Korea Selatan. Para sponsor dan pemilik butik biasanya enggan memercayakan produknya kepada asisten stylish dari artis yang bersangkutan. Asisten stylish harus menunggu dengan sabar hingga sponsor memberikan pakaian kepada mereka.

Mereka juga tak diperkenankan untuk berargumen dengan pemilik butik atau sponsor. Para sponsor pun dapat kapan saja membatalkan sponsorship yang diberikan kepada asisten stylish.

Dibandingkan dengan pekerjaannya, upah yang didapat mereka pun tak sesuai. Menurut informasi yang dilansir dari Asosiasi Pekerja Perempuan Korea, dari survei sebanyak 203 orang, 80 persen diantaranya dibayar kurang dari USD 1.000 per bulan.

Sekitar 93,1 persen pekerja bekerja lebih dari delapan jam per hari dan 40,7 persen diantaranya bekerja lebih dari 12 jam per hari. Sebanyak 78,3 persen diantaranya berusia 20 hingga 25 tahun. (Avia)

Baca juga artikel lain mengenai profesi make-up artist pada artikel Demi Hidupkan Chrisye, Make-Up Artist Habiskan .Waktu 2 Jam

#Profesi Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan