Sulitkah Menemukan Dokter yang Tepat Ketika Melancong Ke Luar Negeri? Menemukan dokter yang tepat di luar negeri susah-susah gampang (Foto: Pexels/Pixabay)

BARU beberapa hari tiba di negara tujuan kamu. Tiba-tiba saja tubuh kamu jadi enggak fit. Kemungkinan penyebabnya karena jet lag. Tapi jika enggak kunjung sembuh. Bisa jadi tubuh kamu memang terserang penyakit. Atau kamu memang mengidap penyakit tertentu.

Sakit di negara orang lain agaknya sedikit merepotkan. Apalagi jika kamu pergi ke negara yang kurang maju. Belum tentu dokter di negara tersebut fasih berbahasa Inggris (bahasa internasional). Kemungkinan paling buruknya dia bisa salah diagnosa keluhan kamu. Ya, salah kasih obat pula.

Seorang penulis website Smarter Travel, Shannon Mcmahon mengalami hal ini. Dia bercerita pernah melancong ke sebuah propinsi terpencil di Tiongkok. Kondisi dia enggak sehat saat itu.

Baca juga:

Sakit Tetap Melancong, Bolehkah?

Beruntung Shannon memiliki asuransi kesehatan internasional. Sehingga perusahaan asuransi sudah memberikan rekomendasi klinik internasional di negara tersebut. Hanya saja, Shannon sedikit terenyuh.

Jika dokter kamu enggak fasih bahasa internasional, dia bisa salah diagnosa dan salah kasih obat (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Sebab, ketika ia selesai berobat di klinik internasional tersebut. Di perjalanan pulang ia melihat sebuah bangunan yang kurang bagus. Ada lampu neon yang bertuliskan bahasa Tiongkok. Shannon mengira bangunan itu ialah sebuah bioskop tua. Ternyata, bangunan itu ialah sebuah rumah sakit.

"Aku bertanya kepada pemanduku, apakah bangunan itu sebuah bioskop tua? Lalu sambil tersenyum pemandu saya mengatakan bangunan itu adalah rumah sakit," cerita Shannon. Shannon merasa lega dia enggak berobat ke rumah sakit itu. Karena menurutnya rumah sakit itu kurang terpercaya.

Shannon pun memiliki beberapa tips bagi kamu yang tiba-tiba sakit saat melancong ke luar negeri. Tapi kamu enggak tahu harus berobat ke dokter yang seperti apa. Pertama, sangat penting kata Shannon jika kamu mengenali nama-nama obat generik.

Baca juga:

Obat Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan Saat Melancong Ke Tempat Dingin

Mengetahui nama generik obat-obatan umum dapat membantu ketika kamu berkonsultasi dengan dokter. Atau ketika kamu mencari obat tersebut di klinik atau apotek negara asing. Banyak dokter di luar negeri fasih berbahasa Inggris, tetapi mereka mungkin tidak tahu apa yang terkandung pada obat bermerek yang kamu minum.

Kamu harus tahu nama obat generik yang kamu konsumsi (Foto: Pexels/Pixabay)

Karena bisa jadi obat-obatan yang kamu minum enggak tersedia untuk pasien mereka. Ingatlah nama obat generik berikut jika kamu perlu membelinya di apotek.

-Advil/Motrin= ibuprofen
-Aleve= naproxen
-Tylenol/Excedrin= acetaminophen
-Bayer, others= aspirin
-Benadryl= diphenhydramine
-Dramamine= dimenhydrinate
-Bonine= meclizine
-Pepto-Bismol= bismuth subsalicylate
-Robitussin= dextromethorphan
-Antacids= calcium carbonate, aluminum hydroxide, or magnesium hydroxide
-Imodium= loperamide

Baca juga:

Jangan Lupa Bawa Obat Kumur saat Melancong, Manfaatnya Banyak Banget

Selain itu, kamu juga bisa pergi ke kedutaan atau konsulat terdekat untuk memiliki rekomendasi dokter. Biasanya kantor keduataan atau konsulat memiliki daftar rekomendasi dokter terbaik.

Jika masih bingung juga untuk menemukan dokter yang tepat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendaftar beberapa sumber yang dapat membantu kamu menemukan dokter di luar negeri. Kamu bisa mengunjungi situs resmi CDC untuk menemukan dokter terbaik. (ikh)

Baca Juga: Waspadai Penyakit yang Mudah Menulari Anak di Lingkungan Sekolah

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo