Sulit Tidur Nyenyak? Jangan Tulis Status “Insomnia” di Media Sosial!

Adinda NurrizkiAdinda Nurrizki - Kamis, 05 Februari 2015
Sulit Tidur Nyenyak? Jangan Tulis Status “Insomnia” di Media Sosial!
Pemakaian gadget berlebihan akan menyebabkan gangguan tidur (Foto: MTV)

MerahPutih Kesehatan - Sebagian anda pasti sering menggunakan gadget sebelum tidur. Anda sering berpikir bahwa akan mudah tertidur setelah menggunakan ponsel, laptop, atau tablet. Kemudian anda biasa menulis status “insomnia” atau “tidak bisa tidur” pada Twitter atau Facebook anda.

Namun tahukah anda? Faktanya adalah gadgetlah yang menyebabkan anda sulit tidur!

Menurut penelitian di Norway, penggunaan gadget berlebihan dapat menyebabkan pola tidur anda menjadi kacau seperti yang dilansir MTV.

BACA JUGA:  Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Studi baru tersebut menggunakan 9800 orang sebagai sampelnya dengan usia antara 16-19 tahun. Mereka menunjukan bahwa remaja yang menghabiskan banyak waktu melihat layar di perangkat seperti komputer, ponsel, televisi dan tablet akan mengalami kesulitan tidur.

Mari Hysing, ilmuwan dari penelitian ini mengatakan bahwa efek menggunakan gadget bisa berakibat buruk terhadap pola hidup anda. Semakin sering anda menggunakan gadget, semakin sempit waktu tidur anda.

Dari sampel tersebut, remaja yang menggunakan gadget lebih dari empat jam sehari sebanyak 49% dan mereka hanya memiliki waktu sejam lebih sedikit untuk tidur.

Mari mengatakan bahwa penyebab dari sulitnya tidur karena gadget ini adalah cahaya yang memancar dari layar gadget dapat merangsang sistem saraf sehingga anda akan terus tersadar.

 

BERITA LAINNYA:

Hasil Riset: Pasangan Manula Masih Miliki Gairah Seks

Pria Tidak Percaya Diri di 'Ranjang'?

#Insomnia
Bagikan
Ditulis Oleh

Adinda Nurrizki

Bagikan