Sule Ditangkap Polisi Bawa Sabu-sabu Ilustrasi. (MP/Alfi Ramadhani)

Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya meringkus dua orang bandar narkoba yang kerap memasukkan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam Lapas Cipinang.

Kasubdit III Ditnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Bambang Yudhantara mengatakan, dua bandar itu berinisial KHD alias Bogel dan MS alias Sule. Keduanya ditangkap di depan RSUD Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, 16 maret lalu.

"Dari tangan keduanya, baik Bogel maupun Sule disita barang bukti sabu-sabu seberst 510 gram yang ditaruh di dalam kardus," ujar Bambang di Mapolda Metro Jaya, Selasa (20/6).

Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa KHD alias Bogel merupakan seorang sipir di Lapas Cipinang. KHD aliad Bogel kerap memasukkan barang haram itu ke Lapas Cipinang sesuai pesanan dari para narapidana. KHD alias Bogel berperan sebagai kurir yang mengantarkan sabu ke dalam LP Cipinang.

"Mereka dikendalikan untuk mengambil barang dari luar untuk masuk ke dalam," ucap Bambang

Bambang mengatakan, KHD alias Bogel tak mendapat upah menentu dari hasil jadi kurir sabu ke dalam lapas. Bogel menerima upah dari Rp1 juta hingga Rp5 juta sekali memasukkan sabu ke Cipinang.

Penggunaan sipir untuk memasukkan narkoba merupakan strategi dari narapidana. Dengan menggunakan sipir, narkoba tak akan terendus petugas jaga.

"Makanya dia pakai sipir, kalau sipir masuk ke dalam kan mungkin temen-temennya mau ngechek juga gak mungkin kan," ucap Bambang. (Ayp)

Baca juga berita lain terkait penangkapan pengedar narkoba dalam artikel: Melawan Saat Ditangkap, Sipir Terlibat Narkoba Ditembak



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE