Kuliner

Sulap Nasi Sisa Jadi Sajian Yummy

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 23 April 2020
Sulap Nasi Sisa Jadi Sajian Yummy
Nasi sisa bisa kamu kreasikan dengan berbagai resep. (foto: pixabay/margaret_1974)

SALAH satu alternatif paling mudah dan cepat untuk menyelamatkan nasi putih sisa ialah mengolahnya menjadi nasi goreng. Mulai dari nasi goreng kecap biasa, sampai nasi goreng seafood.

Lama-lama kamu mungkin bosan dengan menu nasi goreng. Ternyata ada banyak pilihan menu lezat yang memanfaatkan nasi sisa. Berikut beberapa pilihannya.

BACA JUGA: 5 Nasi Goreng Khas Indonesia, Pas untuk Menu #DiRumahAja

1. Arancini (bola-bola nasi)

arancini
Bola-bola nasi enak ala Italia. (foto: Instagram @anderson1_doria)

Kamu mungkin masih asing dengan menu yang satu ini. Arancini merupakan camilan khas Italia. Selain nikmat, cara membuat arancini juga sangat mudah. Kamu hanya tinggal membuat bola-bola nasi yang diisi dengan daging atau sayuran. Setelah itu, celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan pada tepung panir, lalu goreng sampai matang.

2. Bubur

bubur
Tambah kaldu jadi bubur. (foto: Instagram @azlinbloor)

Saat bosan makan nasi, mungkin kamu bisa mencoba membuat bubur dari nasi sisa. Kamu hanya perlu memasukkan nasi sisa tersebut ke panci dengan menambahkan air kaldu atau santan. Masak sampai nasi tersebut berubah menjadi bubur. Hidangkan dengan topping sesuai selera, seperti abon, kecap, dan kerupuk.

3. Kerupuk

gendar
Dengan sedikit usaha, nasi diubah jadi kerupuk. (foto: Instagram @hidupdirantau)

Salah satu alternatif mengolah nasi sisa ialah dengan membuatnya menjadi kerupuk. Kamu bisa merendam nasi sisa dengan air panas selama kurang lebih 5 menit, lalu tiriskan. Haluskan bawang putih dan garam, lalu campurkan dengan nasi tadi. Ulek sampai halus, tambahkan tepung aci, dan aduk sampai kalis. Setelah itu, kamu bisa membentuknya menjadi bentuk lonjong besar, lalu kukus. Setelah matang, iris tipis adonan tadi dan jemur sampai kering. Untuk membuatnya jadi kerupuk, kamu hanya tinggal menggorengnya sampai garing dan berwarna kecokelatan.

4. Burger

 burger nasi
Diubah jadi burger bun. (foto: Instagram @doplohtiga)

Nasi sisa yang kamu punya ternyata juga bisa diolah menjadi pengganti roti burger. Bentuk bulat nasi sisa yang kamu punya lalu pipihkan. Setelah itu, kamu bisa mengolesnya dengan mentega dan panggang sebentar. Kamu bisa mengisi burger nasi tersebut dengan smoked beef, telur mata sapi, tomat, keju slice atau bahan lain sesuai selera.

5. Puding

rice pudding
Rice pudding nikmat.(foto: instagram @le_sarcastic_girl)

Siapa bilang nasi sisa hanya bisa diolah menjadi kudapan asin? Jika kamu termasuk penyuka makanan manis, kamu juga bisa mengolah nasi sisa di rumah menjadi rice pudding. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rice pudding sangat sederhana. Kamu hanya perlu menambahkan susu, telur, dan gula pada nasi. Setelah itu, masak hingga mendidih dan mengental. Lalu masukkan adonan dalam cetakan puding dan siap disajikan ketika dingin.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan