Sukses Sekolah dan Kuliah di Masa Pandemi, Ikuti Trik Ini Sukses Sekolah dan Kuliah di masa Pandemi bukan hal mustahil kalau paham triknya. (Foto: Pexels/Ivan Samkov)

MASA pandemi memberi tantangan buat banyak orang. Tak terkecuali pelajar. Para siswa perlu mengatur dan memotivasi diri sendiri untuk keberhasilan belajar daring. Kelas daring tidaklah mudah. Namun, dengan mengikuti teknik ini, kamu memiliki peluang besar untuk sukses.

BACA JUGA:

Mulai Oktober, Google Drive Akan Hapus Otomatis File di Tempat Sampah

1. Tetapkan Tujuan Utama

study
Tetapkan tujuan utamamu dan berkonsultasilah dengan pihak yang paham akan rencana studimu.(Foto: Pexels/cottonbro)

Tip paling penting bagi siapa pun yang menghadiri atau mempertimbangkan gelar online adalah tetap mengerjakan tugas. Dapat dimengerti bahwa terkadang hal-hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup dan membuat kita enggan belajar. Tetapi kamu harus mengingat tujuan utamamu.

Jika tujuanmu melanjutkan sekolah ke luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan lembaga konsultan pendidikan. Misalnya ICAN Education Consultan. Dengan menyambangi konsultan pendidikan, kamu tidak akan kebingungan lagi. Rencana studimu pun lebih terarah. Konsultan pendidikan tidak hanya membantumu mendapat informasi seputar kampus yang diinginkan tetapi jiga membantu dalam proses pendaftaran ke universitas, pengurusan akomodasi hingga pengurusan beasiswa. Mereka juga akan memberi briefing sebelum kamu menginjakkan kaki di negara tujuan.

Saat kamu sudah menetapkan sasaran yang secara pribadi penting, kamu akan cenderung mengelola waktu untuk mencapainya.

2. Anggap Belajar Seperti Pekerjaan

study
Anggap belajar sebagai pekerjaan utamamu yang harus diselesaikan secara profesional. (Foto: Pexels/Polina Zimmerman)


Anggaplah dirimu seorang pekerja profesional. Ingatlah selalu belajar adalah bagian pekerjaanmu. Dengan demikian, secara sadar kamu memilih untuk aktif, menyerap konten, menjadwalkan penilaian, kuliah, tugas, dan benar-benar menetapkan serta menjaga batasan tersebut. Miliki pola pikir sukses.

"Saya berencana untuk memperlakukan kelas online saya seperti pekerjaan. Menetapkan tujuan harian dan membuat daftar periksa dapat membantu saya berhasil dalam setiap kursus dan proyek, memungkinkan saya untuk membuktikan bahwa saya dapat bekerja secara efisien dan mandiri. Mencapai tujuan kecil setiap hari dan membuat portofolio akan membantu memotivasi saya untuk terus bekerja," itulah contoh pola pikir yang harus kamu sugestikan dalam dirimu.

Kampus dengan etos pendidikan baik juga akan membantumu menetapkan goal dengan sempurna. Misalnya, Sunderland University yang memastikan siswanya dapat terhubung dengan pengajar kapanpun meski di tengah pandemi. Dukungan dari sekolah atau kampus tentu akan semakin membantumu untuk tetap termotivasi belajar online.
Pastikan dirimu memanfaatkan dukungan dari kampus tersebut dengan baik.

3. Buat Rencana Studi

belajar
Rencanakan studimu selama satu semester mendatang.(Foto: Pexels/breakingpic)

Di awal setiap semester luangkan waktu untuk merencanakan materi yang harus dibaca dan mengerjakan tugas. Meskipun pada akhirnya kamu tetap harus menyesuaikan rencana, itu membuatmu tetap pada jalurnya.

Tetapkan rencana belajar yang jelas dan dapat dicapai dan patuhi 95% itu sepanjang waktu, berikan dirimu ruang dan istirahat untuk hal-hal yang tidak terduga.

Atur dan tentukan jumlah jam per hari atau minggu ke dalam jadwal belajarmu.

Tuliskan jadwal mingguan dengan tanggal dan waktu. Pastikan untuk menyisihkan cukup waktu untuk fokus hanya pada sekolah tanpa gangguan.

4. Miliki agenda untuk sekolah

agenda
Buat agenda khusus sekolah.(Foto: Pexels/kaboompics.com)


Dalam agenda, kamu dapat mengatur tugas harian yang perlu diselesaikan. Tuliskan berapa kali kamu terlibat dalam diskusi atau kerja kelompok. Jadwalkan pula sesi belajar dan topik apa yang akan dikerjakan untuk hari itu. Ini sangat membantumu untuk selalu mengikuti tenggat waktu dan membuatmu tetap pada jalur untuk sukses di kelas.

5. Rencanakan sebelumnya

planning
Agendakan waktu untuk belajar. (Foto: Pexels/kaboompics.com)


Terkait sekolah online, kamu tidak memiliki waktu yang ditentukan untuk duduk-duduk dan mengerjakan tugas. Kamu diharapkan mampu merencanakan waktu khusus sendiri untuk melakukan pekerjaanmu.(Avia)

BACA JUGA:

Presenter Emmy Awards 2020 Pakai APD Tuksedo

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH