Sukses Menabung, ini Triknya Ada trik agar menabung sukses. (foto: pixabay/stevePB)

'HEMAT pangkal kaya'. Begitu ungkapan yang ditanamkan kepada kita sejak kecil. Para orangtua pastilah selalu menekankan betapa pentingnya menabung di usia muda. Tak salah memang. Menabung terbukti bisa menghindarkan kamu dari kesulitan finansial, terutama di masa krisis seperti saat ini.

Meskipun demikian, tak sedikit yang mengeluh betapa sulitnya mengatur keuangan sehingga bisa punya tabungan. Ketidakmampuan memilah mana kebutuhan dan keinginan saat belanja bisa jadi biang keladinya. Oleh karena itu, penting banget untuk mulai membentuk kebiasaan menabung dari usia dini. Seperti saran dari Jouska Indonesia, menanbung haruslah disesuaikan dengan kepribadian.

BACA JUGA:

The Lucky Dime, Benarkah Koin Keberuntungan Paman Gober?

Lewat unggahan Instagram di @jouska_id, platform financial advisor itu menyarankan untuk terlebih dahulu mengenali diri sendiri. Apakah tipe orang yang disiplin mengatur keuangan atau tidak?

Untuk kamu dengan kecenderungan lebih disiplin, deposito yang dapat ditarik sewaktu-waktu bisa jadi pilihan tabungan. Kamu juga bisa menabung jangka dengan memilih deposito yang bisa diperpanjang secara otomatis atau deposito dengan sistem auotomatic roll over (ARO).

piggy bank
Atur pengeluaran dengan cermat. (foto: pixabay/luxstorm)


Di lain sisi, minimalisasi juga pengeluaran kamu dengan menulis kebutuhan dan anggaran yang harus dikeluarkan secara rinci. Sebagai contoh, tuliskan dengan detail maksimal pengeluaran untuk membeli kebutuhan primer per bulannya. Kamu juga harus menentukan kebutuhan apa yang harus menjadi prioritas. Jangan gunakan anggaran untuk kebutuhan yang kurang penting atau tidak mendesak. Yang tak kalah penting, manfaatkan diskon yang ada di berbagai macam platform e-commerce. Kamu bisa membandingkan harga di platform mana yang paling murah. Hal itu akan membantu kamu menghemat pengeluaran.


Tabungan tak selalu dari penghasilan yang didapat. Kamu dapat memaksimalkan ide dan mengasah skill yang dimiliki selama masa #DiRumahAja. Siapa tahu ada kesempatan untuk menambah pendapatan untuk tabungan. Ada beragam platform yang dapat kamu untuk mengedukasi ketika waktu senggang. Pilihlah aktivitas positif yang bisa menghasilkan saat #DiRumahAja.(ren)

BACA JUGA:

Tak Lengah di Masa New Normal, Gerakan Pakai Masker Diluncurkan


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH