Sukses Jadi Streamer Video Game, ini Tipsnya Ikuti tips ini untuk jadi streamer video game yang sukses.(foto: pixabay/superanton)

TWITCH baru saja mengeluarkan piranti lunak baru bernama Twitch Studio untuk membantu para streamer pemula. Twitch Studio menyediakan tampilan yang memudahkan para streamer pemula. Sudah pasti hal itu membuat banyak gamer tertarik menjadi seorang streamer video game.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk jadi streamer video game, Merahputih.com merangkum beberapa tips agar kamu sukses di bidang ini.

BACA JUGA: Software Terbaru Twitch untuk Para Streamer Pemula


1. Siapkan peralatan yang memadai

peralatan streamer
Agar kualitas streaming-mu bagus. (foto: pixabay/vitamin)

Peralatan seperti mikropon, webcam, dan gadget gaming tentunya penting bagi seorang streamer video game. Peralatan-peralatan tersebut yang akan menunjang kualitas sesi streaming-mu.

Namun, bukan berarti kamu harus membeli peralatan-peralatan yang mahal. Carilah peralatan yang sesuai dengan keuanganmu, tapi tetap dengan kualitas yang pas. Hal itu penting karena tentunya tidak ada orang yang ingin menonton stream yang memiliki kualitas gambar atau suara yang jelek.


2. Cari gim yang kamu kuasai

menguasai video game
Mainkan gim yang sudah kamu kuasai. (foto: pixabay/proDexorite)

Seorang streamer video game biasanya hanya memainkan satu gim atau genre saja. Hal itu sangat disarankan untuk membangun brandnya dan mendapatkan segmentasi penonton. Sebisa mungkin pilih gim yang kamu kuasai, agar kamu dapat memukau para penontonmu untuk mendapatkan perhatian mereka.

Usahakan hindari gim yang tidak kamu kuasai. Terkadang memang terlihat lucu saat kamu kalah. Akan tetapi, kalau kamu tidak bisa menyeimbangkannya dengan lelucon yang pas, sesi streaming justru akan terlihat membosankan.


3. Sesekali mainkan gim baru yang sedang tren

mainkan game baru
Bolehlah sesekali mainkan gim yang lagi tren. (foto: wallpapercave)

Meski sebaiknya streamer konsisten dengan gim pilihannya, bukan berarti kamu enggak boleh mencoba gim lainnya. Sesekali mainkan gim baru yang sedang tren. Itu bisa jadi opsi yang baik. Selain menghadirkan konten yang segar, siapa tahu kamu malah dapat menemukan bakat terpendammu lewat gim baru tersebut.


4. Buat jadwal streaming

jadwal streaming
Jadwalkan kayak kerjaan. (foto: pixabay/rawpixel)

Jika kamu memang ingin fokus menjadi seorang streamer, buatlah jadwal yang konsisten. Anggap sesi streaming-mu sebagai waktu kerja. Jangan streaming hanya di saat kamu ingin saja. Dengan membuat jadwal, penonton setiamu jadi tahu kapan mereka dapat menonton sesi streaming-mu. Sebisa mungkin sesuaikan jadwal streaming-mu dengan jadwal penonton setiamu juga.


5. Buat dan promosikan brand

brand
Buat brand sendiri, lalu promosikan. (foto: wallpapercave)

Cari tahu jati dirimu sebagai seorang streamer. Apakah kamu ingin dikenal sebagai seorang yang ahli bermain video game atau seseorang yang bermain video game sambil bercanda. Kamu perlu mengetahui hal tersebut karena itulah yang akan menjadi brand-mu sebagai seorang streamer. Memang penting membuat brand yang baik, tapi ingatlah untuk tetap jadi dirimu sendiri karena tentunya tidak ada yang suka dengan seorang pembohong.

Jika sudah tahu bagaimana kamu akan mem-branding diri, promosikan dirimu lewat media sosial yang kamu miliki. Buat tagar yang unik untuk brandmu. Jadi penonton setiamu juga bisa ikut mempromosikan brand-mu.


6. Berinteraksi dengan komunitas

berinteraksi dengan komunitas
Bangun interaksi dengan penontonmu. (foto: pixabay/startupstockphotos)

Jika sudah mendapatkan penonton setia yang cukup banyak, kamu bisa membuat komunitas sendiri lewat media sosial. Berinteraksilah dengan mereka, baik itu dengan membalas pesan mereka atau bahkan mengajak mereka bermain. Kamu bahkan bisa membuat sesi streaming bersama dengan orang-orang dari komunitasmu. Berkolaborasi dengan streamer lain juga bisa jadi opsi yang baik. Hal itu akan mengembangkan komunitasmu dan kamu juga jadi punya rekan sesama streamer.(sep)

BACA JUGA: Fitur Terbaru Twitch Bikin Streamer Bisa Nonton Bareng Pengikutnya



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH