Suka Mengumpulkan Sampah? Mungkin Kamu Seorang Hoarder Menyimpan barang bekas merupakan gangguan psikologis (Foto: Pixabay/hans)

SIAPA sangka jika menimbun barang bekas atau barang yang tidak terpakai merupakan sebuah gangguan kejiawaan? Berbeda dengan kolektor barang yang mampu merawat dan menata barang-barang koleksinya, orang yang suka menimbun barang bekas atau barang yang tidak layak pakai disebut hoarding disorder.

Hoarding disorder merupakan masalah psikologis yang sebagian besar para hoarder (orang yang menderita hoarding) tidak menyadari jika ia mengalami gangguan ini. Hoarding disorder termasuk ke dalam obsessive compulsive disorder (OCD).

Baca juga:

Kebiasaan Baik untuk Wajah Cerah saat Bangun Pagi

Menyimpan barang tidak berguna seperti kertas coretan bisa jadi gejala hoarding disorder (Foto: pexels/pixabay)
Menyimpan barang tidak berguna seperti kertas coretan bisa jadi gejala hoarding disorder (Foto: pexels/pixabay)

Artinya, seseorang akan merasakan cemas atau stress berlebihan karena keinginan untuk menyimpan suatu benda yang sebenarnya ia tidak butuhkan. Mau tau gejala dan penyebab hoarding disorder? Simak berikut ini!

Salah satu gejala dari hoarding disorder adalah sulit untuk membuang barang yang tidak dibutuhkan. Hoarder cenderung beranggapan benda bekas suatu saat akan dipakai lagi. Sehingga barang tersebut akan menumpuk di rumah atau di dalam kamarnya. Selain itu, membeli barang yang tidak dibutuhkan ataupun tidak dipakai juga gejala dari hoarding disorder.

Baca juga:

Latte Factor, si Receh yang Bikin Hidup Boros

Hoarding disorder (Foto: Pinterest)
Hoarding disorder (Foto: Pinterest)

Tidak diketahui pasti apa penyebab hoarding disorder. Namun hal ini bisa berasal dari genetika ataupun periswita traumatis seperti mengalami musibah atau ditinggal orang yang dicintai.

Meski penyakit ini terlihat biasa saja, hoarding disorder seringkali berkaitan dengan kondisi seperti, demensia, depresi, ADHD, dan psikosis.

Adapun cara mengatasi hoarding disorder dengan terapi bersama orang profesional, menyadari apa yang membuat keinginan untuk menyimpan barang tak berguna, dan belajar menolak niatan untuk menyimpan barang bekas.

Baca juga:

Hobi yang Bisa Dilakukan Oleh Orang Super Kaya


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH