Suka Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini? Siap-siap Sistem Imun Melemah Gorengan tidak sehat (Foto: Pexels/Marvin Ozz)

SISTEM imun berfungsi melawan beragam penyakit dan infeksi. Gaya hidup sehat akan membentuk imun tubuh yang kuat. Istirahat, olahraga, dan pola makan sehat menjadi modal untuk memiliki imun tubuh berkualitas.

Minim nutrisi dan terkontaminsi bahan kimia yang berasal dari makanan berakibat pada turunnya fungsi sistem imun. Tidak ada jalan lain, membatasi konsumsi makanan dan minuman dengan komposisi bahan yang kurang baik dan tak sehat perlu diterapkan.

Baca juga:

Alasan Telur Makanan Sehat

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dipercaya dapat melemahkan sistem imun:

1. Buah kering atau kalengan

Mengadung gula yang tinggi (Foto: Unsplash/stux)

Jenis makanan buah dari kemasan kaleng mengandung gula yang tinggi yang berakibat pada lemahnya sistem imun. Dianjurkan untuk selalu memilih buah-buahan masih segar yang dengan dengan efek samping kecil. Buah segar mampu mengembalikan fungsi optimal kekebalan tubuh.

2. Sup Kalengan

Sodium yang terkandung, tinggi (Foto: Unsplash/Calle Macarone)

Dilansir dari The Daily Meal, beragam produk sup kalengan yang mengandung bahan-bahan buatan dan mengandung sodium yang tinggi. Selain itu, kandungan bahan kimia pada kaleng tercampur ke dalam sup. Alih-alih menyembuhkan penyakit flu, makanan kaleng jenis sup malah dapat melemahkan sistem imun tubuh.

3. Minuman berkafein

Meningkatkan kadar asam total (Foto: unsplash/Isaac Benhesed)

Jika seseorang sedang kurang sehat, dianjurkan untuk mengontrol konsumsi minuman berkafein. Disamping bisa membuat sulit untuk tidur pulas, kafein juga mengandung tingkat keasaman, khususnya kopi. Di samping itu juga dapat meningkatkan kadar asam total dalam tubuh, yang berakibat timbulnya inflamasi.

Baca Juga:

Loyo saat Beraktivitas? Coba Makan Pisang!

4. Gorengan

Mengakibatkan peradangan dan inflamasi (Foto: Pixabay/sharonang)

Saat merasa tidak fit, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang diolah memakai minyak olahan, seperti minyak bunga matahari, minyak canola. Minyak-minyak itu mengandung banyak asam lemak omega 6 yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan asam lemak tubuh dan mengakibatkan peradangan atau inflamasi.

5. Alkohol

Kualitas lapisan usus dapat berkurang (Foto: Pixabay/ponce_photography)

Jenis minuman beralkohol seperti liquor dan wine dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan pada tubuh karena mengandung kadar gula tinggi. Amanda Austin, ahli nutrisi dan diet, mengatakan alkohol yang dikonsumsi berlebihan dapat berpengaruh pada populasi mikroorganisme dalam pencernaan dan mengurangi kualitas lapisan usus.

Yuk kurangi, bahkan kalau perlu hindari makanan dan minuman yang melemahkan sistem imun tubuhmu! (lgi)


Baca Juga:

Atasi Sembelit dengan Makanan Ini

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo