Suka Jengkol? Coba Datangi Warung Ini

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 01 Maret 2016
Suka Jengkol? Coba Datangi Warung Ini
Salah satu jenis makanan di Warung Republik Jengkol, Warung Republik Jengkol, Jalan Kerja Bakti 16 Kramat Jati, Jakarta Timur. (Foto: MP/Noer Ardiansjah)

MerahPutih Kuliner - Sebagian masyarakat Indonesia, khususnya anak muda, menganggap jengkol atau jering merupakan salah satu makanan yang harus dihindari karena dapat menimbulkan bau tidak sedap terhadap urine. Namun bagi Sandra, salah seorang mahasiswi mengatakan hal tersebut tergantung daripada pengolahan awalnya.

Berdasarkan informasi yang ia dapat dari orang tua teman lelakinya, Warung Republik Jengkol selain menawarkan aneka masakan yang berbahan dasar bahan pangan itu, pun harga yang ditawarkan relatif murah sehingga mengundang para jengkolers untuk coba mencicipi masakan tersebut.

"Orang kan bilang, makan jengkol itu akan menyebabkan bau, tapi bagi saya, asyik saja. Hi hi hi," ucap Sandra (22) di Warung Republik Jengkol, Jalan Kerja Bakti 16 Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (1/3).

Meski menyukai jengkol, Sandra mengaku tidak termasuk orang yang sangat menggilai makanan itu. Berbeda halnya dengan Hidayat, pengunjung lain Warung Republik Jengkol.

Lelaki yang juga mengikutsertakan anak dan istrinya ke warung tersebut mengatakan jengkol merupakan makanan yang banyak membawa manfaat dan bagus untuk kesehatan. Meski memang ada sedikit bau pada urine, namun semua bisa hilang jika banyak minum air putih.

"Bagus kok, untuk kesehatan. Asal jangan terlalu berlebihan saja. Setelah makan jengkol, sering-sering minum air putih. Nanti juga akan hilang," kata Hidayat.

Adapun varian jengkol yang disajikan di antaranya soto betawi jengkol, tongseng jengkol, nasgor jengkol, balado jengkol, semur jengkol, mie goreng jengkol, jengkol lada hitam, dan pasta jengkol. Dengan harga yang ditawarkan antara Rp15.000 - Rp20.000, tentunya Anda beserta orang yang dicintai dapat menikmati masakan serba jengkol ini.

Penasaran? Silakan datang ke Jalan Kerja Bakti 16 Kramat Jati, Jakarta Timur. (ard)


BACA JUGA:

  1. Jengkol dan Petai, Rahasia Seksi Mulan Jameela
  2. Semur Jengkol Manis Pedas yang Mengugah Selera
  3. Kue Putu Mayang, Kuliner Khas Betawi Yang Langka
  4. Nasi Uduk, Kuliner Nusantara Populer Lagi Murah Meriah
  5. Wisata Kuliner Romantis di Kampung Jajan Gintung
#Jakarta #Warung Republik Jengkol #Kuliner Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan