Suka Duka Fotografer Profesional K-Pop dan Perbedaannya dengan Fotografer Fansite Fotografer profesional yang kerap dihujat oleh Kpoper. (Foto: Unsplash/William Thomas)

DALAM dunia K-Pop, fansite master memiliki peranan yang begitu penting. Mereka dapat menjembatani para penggemar yang tidak dapat melihat langsung idolanya. Melalui jebretan yang kerap dibagikan fansite secara cuma-cuma di akun media sosial, penggemar bisa melihat dan mengoleksi foto-foto idolanya.

Fansite master mungkin adalah fotografer amatir, tetapi tidak diragukan lagi mereka telah mengambil beberapa foto terbaik beresolusi tinggi dari idola favoritmu. Jika hasil foto yang dihasilkan para fotografer fansite saja sangat bagus, apa fungsi fotografer idola profesional? Fotografer idola veteran Han Manhee dan Bae Gangwoo membahas pendapat mereka dalam video YouTube baru dengan AYO.

Baca Juga:

Rahasia Tersembunyi Tiga Agensi Terbesar K-Pop

kpop
Hasil jepretan fotografer fansite miliki kualitas setara fotografer profesional. (Foto: lightupdreamers)

Dikenal sebagai "tuan rumah" atau dalam bahasa Korea homma, master situs penggemar adalah penggemar yang rajin menghadiri setiap kegiatan idola. Tujuannya yakni untuk mengambil foto mereka. Selanjutnya, biasanya para homma akan memposting hasil jepretannya untuk dilihat semua orang di fansites mereka (seringkali di halaman media sosial) tanpa biaya.

Meskipun beberapa fansite master dipanggil karena perilaku mereka melanggar privasi idola, mereka telah menjadi bagian integral dari fandom K-Pop. Tentu saja, mereka bukan satu-satunya yang mengambil foto idol.

Agensi juga mempekerjakan fotografer profesional seperti Han Manhee dan Bae Gangwoo untuk mengambil foto artis mereka di konser dan acara. Han dipercaya untuk memotret artis seperti BTS dan Lisa BLACKPINK, sementara Bae telah bekerja dengan Wanna One, IU, dan banyak lagi.

Bae Gangwoo mengungkapkan alasan fotografer profesional disewa. Alasan mereka dibayar untuk konser adalah untuk menghasilkan citra yang nantinya bisa digunakan untuk iklan dan pemasaran. Foto semacam itu nantinya dapat digunakan dalam segala hal mulai dari artikel hingga photobook.

Baca Juga:

Hobi Unik dan Nyeleneh Idola Kpop

kpop
Fotografer fansite cenderung fokus memotret idolanya sendiri. (Foto: I Dare U)

Namun ternyata banyak penggemar yang berpendapat bahwa gambar yang dihasilkan hommer jauh lebih baik dari fotografer profesional. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa fotografer profesional justru kerap kali menghalangi para hommer. Beberapa penggemar bahkan berpendapat bahwa agensi K-Pop dapat bekerjasama dengan master fansite untuk mendapatkan foto idola.

Menanggapi komentar publik yang menyindir bahwa fotografer profesional dan non-profesional seperti fansite master hampir sama, Han Manhee mengatakan sebenarnya ada perbedaan "besar".Dengan banyaknya kelebihan tersebut, Han Manhee mengatakan beberapa kekurangan dari fotografer fansite serta perbedaan besar antara foto profesional dan foto fansite.

Mayoritas fansite didedikasikan untuk satu idola. Jadi pemilik dari fansites tersebut berdedikasi untuk mengambil foto terbaik dari artis tersebut. Para master fansite biasanya hanya fokus mengambil foto dari bias mereka.

Sebaliknya fotografer profesional, di sisi lain, menangkap "segalanya". Dari seluruh grup hingga panggung itu sendiri, Han Manhee menjelaskan bahwa dia harus mendapatkan foto dari seluruh pengalaman konser.

Baca Juga:

Cara Tembus Agensi Terbesar Kpop Kalau Enggak Punya Bakat Menari dan Cuma Bisa Sikap Lilin

kpop
Fotografer profesional memiliki kehandalan menciptakan gambar yang sesuai kebutuhannya. (Foto: TXT-Kprofile)

Sementara Bae Gangwoo menguraikan tentang perbedaan antara profesional dan amatir. Saat master fansite mulai beraksi saat di lokasi, para fotografer profesional sering kali perlu membuat perencanaan sejak awal. Menurutnya, hanya sedikit nonprofesional yang bisa melakukannya dengan sempurna.

"Saat mengambil gambar, kami harus mempertimbangkan posisi sejak melihat pertama kali dan membuat orang berpikir 'Saya juga ingin memilikinya' hanya dari sebuah gambar," tutur Bae Gangwoo.

Kelebihan lain dari fotorafer profesional yakni mereka memiliki kebebasan untuk bergerak melintasi venue sesuai kebutuhan untuk mendapatkan sudut yang sempurna. Terlepas dari upaya terbaik mereka untuk tidak menghalangi penggemar, Bae mengungkapkan bahwa para profesional sering kali disumpah dan dihina jika mereka menghabiskan waktu terlalu lama menghalangi pandangan penonton.

Bae Gangwoo memohon kepada penggemar untuk memberi sedikit kelonggaran pada para fotografer profesional ketika mereka secara tidak sengaja memblokir pandangan seseorang untuk sesaat.

"Kami berusaha keras untuk tidak terlihat, dan jika kami menghalangi ... tolong beri kami sedikit pemakluman!" mohon Bae Gangwoo. (avia)

Baca Juga:

Ketatnya Aturan Berat Badan Ala Tiga Agensi Besar Industri K-Pop

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH