Suka Budaya Korea Selatan? Yuk Intip Biaya Hidup Tinggal di Seoul vs Jakarta

annehsannehs - Rabu, 07 Juli 2021
Suka Budaya Korea Selatan? Yuk Intip Biaya Hidup Tinggal di Seoul vs Jakarta
BTS. (Foto- Instagram/@bts.bighitofficial)

POPULARITAS K-Pop membuat budaya Korea Selatan semakin dikenal dan digemari oleh seluruh dunia, terutama Indonesia. Indonesia pun termasuk sebagai negara yang berkontribusi sebagai penonton tertinggi dari berbagai drakor Netflix, salah satunya adalah Hospital Playlist.

Kita pun telah menyadari seberapa besar pengaruh K-Pop terhadap masyarakat Indonesia yang tercermin dari fenomena antrean BTS Meal. Tidak hanya itu, Segala produk yang pernah digunakan oleh aktris atau aktor Korea Selatan pun bisa habis terjual di Indonesia.

Kemasan BTS meal di Indonesia (Foto: Ist)
Kemasan BTS meal di Indonesia (Foto: Ist)

Beberapa fenomena yang berkaitan dengan demam K-Pop ini pun membuat banyak orang bertanya-tanya, mahal enggak sih biaya hidup di Korea Selatan?

Baca juga:

Nugget Berbentuk Among Us dari BTS Meal Dijual Seharga Rp 20 Juta

Baik untuk berlibur atau ingin melanjutkan studi di Negeri Ginseng, iPrice melakukan riset untuk membandingkan biaya hidup tiap bulan yang harus dikeluarkan di Jakarta vs. Seoul.

Kurang lebih, dibutuhkan sekitar Rp30 juta per bulan untuk biaya hidup di Seoul, ibu kota Korea Selatan. Menurut riset iPrice, harga sewa apartemen di Seoul untuk satu orang adalah sekitar Rp14 juta.

Untuk transportasi umum, biasanya dibutuhkan sekitar Rp16 ribu sekali jalan. Ketika berpergian, sebaiknya kamu membawa botol air isi ulang karena harga air mineral kemasan di Korea Selatan cukup 'berasa', yaitu seharga Rp17 ribu per 1,5 liter.

Baca juga:

Melihat Perbedaan Korea Selatan dan Utara dari Segi Fashion

Makanan di Seoul pun berbeda jauh dengan Jakarta. Penelitian iPrice menunjukkan bahwa rata-rata harga fast food di Seoul adalah Rp 83 ribu per porsi.

Ada satu hal di Seoul yang lebih murah ketimbang Jakarta. Di sana, harga internet per bulan 15% lebih murah dibandingkan di Jakarta. Tiap bulan, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp350 ribu per bulan untuk koneksi internet.

Jadi, biaya hidup rata-rata yang dibutuhkan untuk tinggal di Seoul, Korea Selatan sebesar Rp 30 juta. Meski begitu, rata-rata gaji di Seoul pun jauh lebih tinggi daripada Jakarta, yakni Rp35 juta per bulan. Secara keseluruhan, total biaya hidup per bulan di Seoul lebih tinggi 92 persen dibandingkan di Jakarta. (SHN)

Baca juga:
Barang Mewah Palsu Semakin Laris di Korea Selatan Selama Pandemi

#Fakta #Gaya Hidup
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan