Kecantikan

Suhu Air Memengaruhi Kesehatan Rambut

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 23 November 2022
Suhu Air Memengaruhi Kesehatan Rambut
Suhu air memengaruhi kesehatan rambut. (Foto: Unsplash/Erick Larregui)

KEINDAHAN rambut tidak hanya dipengaruhi oleh sampo. Suhu air yang kamu gunakan akan menentukan kesehatan rambut kamu. Suhu dan kualitas ar memainkan peran yang cukup besar dalam kesehatan rambut dan kulit kepala.

Seperti dilansir Byrdie, mencuci rambut menggunakan air panas sangat bagus untuk menghilangkan kotoran-kotoran dan minyak berlebih di kulit kepala. Sebab suhu yang lebih tinggi menjadikan pori-pori terbuka, sehingga sampoo dan produk lainnya dapat menembus kulit kepala secara sempurna.

Baca Juga:

4 Bahan Alami untuk Rambut Panjang nan Halus

Meskipun demikian, mencuci rambut menggunakan air panas juga memiliki dampak buruk, yakni dapat menghilangkan minyak alami rambut. Hal ini akan membuat rambut menjadi kering serta menyebabkan iritasi dan gatal serta rontok. Selain itu, mencuci rambut menggunakan air panas juga dapat memperparah kondisi yang telah mengalami gangguan dermatitis seboroik dan eksim.

Mencuci rambut menggunakan air dingin sangat bagus untuk melembapkan rambut. (Foto: Freepik/valuavitaly)

Sementara itu, mencuci rambut dengan air dingin sama baiknya karena akan meningkatkan kilau rambut. Air dingin bekerja untuk menutup kutikula dan pori-pori di kulit kepala. Bukan hanya itu, mencuci rambut menggunakan air dingin juga dapat memberikan kelembapan alami dan mengatasi ketombe rambut.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dalam Tren Warna Rambut Monoton

Akan tetapi, mencuci rambut menggunakan air dingin juga dapat berpengaruh buruk pada kesehatan rambut, seperti mengurangi volume rambut yang menjadikan rambut terlihat rata dan kurang tebal. Mencuci rambut menggunakan air dingin juga cenderung lebih tidak nyaman bagi yang tidak terbiasa.

Mencuci rambut menggunakan air hangat adalah pilihan yang tepat. (Foto: Freepik/master1305)


Lantas, untuk mencuci rambut yang tepat berapa suhu air yang diperlukan? Idealnya, mencuci rambut harus menggunakan suhu air tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Seorang dokter kulit asal New York, Dendy Engelman, mengungkapkan bahwa mencuci rambut terbaik adalah dengan menggunakan air dengan suhu 38 derajat celcius untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Selain suhu, kualitas air juga dapat memengaruhi kesehatan rambut. Gunakan air tidak berbau dan bersih, karena dapat menjaga keindahan rambut yang kamu miliki. (nbl)

Baca Juga:

5 Tren Warna Rambut Musim Panas 2022

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan