SUGBK Diusulkan Jadi Tempat Pembukaan Piala Dunia U-20 2021 Ketum PSSI, Mochamad Iriawan saat melakukan kunjungan ke SUGBK. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

MerahPutih.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengusulkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi tempat upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2021. Rencananya Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia pada Mei-Juni 2021.

Hal tersebut dikatakan oleh Iriawan setelah melakukan tinjauan ke SUGBK pada Jumat (6/3). Namun, ia masih menunggu keputusan dari FIFA stadion mana yang paling siap untuk menggelar opening ceremony tersebut.

Baca Juga

Lakukan Inspeksi ke Bogor sebagai Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ketum PSSI Beri Catatan

“Kemungkinan besar iya kami akan gelar di sini. Akan tetapi, nanti kami lihat karena kami juga ingin memutuskan SUGBK menjadi tempat openeing, FIFA juga harus tahu,” ujarnya.

“Sebenarnya saya ingin memutuskan ini sendiri tapi kalau FIFA tak approve, untuk pembukaan di sini akan jadi permasalahan juga. Tapi tetap kami akan kasih gambaran juga ke FIFA soal pembukaan ini,” tambahnya.

SUGBK memang menjadi tempat yang paling tepat untuk menggelar pembukaan Piala Dunia U-20. Ini telihat dari fasilitas yang dimiliki oleh SUGBK.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan saat melakukan tinjauan ke SUGBK. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan saat melakukan tinjauan ke SUGBK. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Selain itu, SUGBK kerap menyelenggarakan event olahraga ataupun sepak bola internasional. Terakhir, SUGBK jadi tempat perhelatan sekaligus pembukaan Asian Games 2018.

SUGBK merupakan stadion kesepuluh yang ditinjau oleh PSSI. Sebelumnya, PSSI meninjau Stadion Manahan (Solo), Stadion Madala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Utama Riau (Riau), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

Baca Juga

Terkait Piala Dunia U-20, Ketum PSSI Nilai Stadion Wibawa Mukti Kurang Lapangan Latihan

Setelah SUGBK, PSSI akan mengunjungi Stadion I Wayan Dipta, Bali, Sabtu (7/3). Selanjutnya, FIFA akan meninjau sekaligus menentukan 6 stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. FIFA direncanakan kunjungi Indonesia pada 10 Maret mendatang. (Bolaskor)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH