Suga BTS Kejutkan Penggemar dengan Merilis Mixtape Kedua Bertajuk D-2 Suga BTS rilis 'mixtape' baru bertajuk D-2 (Foto: Big Hit Entertainment)

KABAR mengejutkan untuk para ARMY datang dari lead rapper grup K-pop BTS, Suga aka Min Yoongi. Pada 22 Mei 2020, ia merilis mixtape keduanya yang bertajuk D-2.

Kabar ini sebenarnya sudah diduga-duga oleh fans setelah Big Hit Entertainment menggungah sebuah gambar abstrak dengan tulisan D-7, D-6, sampai D-2 sejak tanggal 16 Mei sampai kemarin 21 Mei.

Tidak hanya itu, gambar hitam-putih yang tadinya hanya berbentuk abstrak saja, setiap harinya semakin lama semakin membentuk gambar seorang pria.

Baca juga:

Jungkook BTS Kembali Pecahkan Rekor Twitter dengan Lagu Cover

Setelahnya ARMY langsung menebak bahwa pria di gambar adalah Suga ataupun Jungkook karena siluetnya mirip dengan kedua member BTS tersebut. Apalagi sempat beredar rumor bahwa Jungkook memang ingin merilis mixtape yang diduga akan berjudul JJK1.

Sementara untuk angka yang tertulis di unggahan itu awalnya dipikir penggemar adalah sebuah countdown terhadap sesuatu yang akan dirilis oleh Big Hit Entertainment. Namun ternyata foto D-2 yang diunggah adalah judul dari proyek terbaru Suga.

Suga BTS Kejutkan Penggemar dengan Merilis Mixtape Kedua Bertajuk D-2
Cover 'mixtape' terbaru Suga (Foto: Big Hit Entertainment)

D-2 sendiri merupakan mixtape kedua dari Suga. Sebelumnya pria kelahiran 1993 itu sudah merilis mixtape pertamanya pada 2016 berjudul Agust D yang juga merupakan nama panggungnya. ('Agus' ketika dibalik menjadi SUGA dan DT merujuk pada Daegu Town kota kelahirannya).

Dalam mixtape berdurasi total 32 menit ini kamu akan menemukan 10 lagu baru. Melalui penjelasan editor's note Apple Music, D-2 memperlihatkan kecintaan seorang Suga terhadap hip-hop. Hal tersebut bisa kamu lihat lewat lagu utamanya Daechwita yang merupakan gabungan musik tradisional Korea dan trap.

Baca juga:

BTS Segera Rilis Album Map of The Soul: 7 - The Journey, Cek Info Detailnya!

Video klip untuk lagu itu sudah bisa ditonton di akun YouTube Big Hit Entertainment. Sementara kesembilan lagu lainnya yakni Moonlight, What do you think?, Strange (feat. RM), 28 (feat. NiiHWA), Burn It (feat. MAX), People, Honsool, Interlude: Set me free, dan Dear my friend (feat. Kim Jong Wan).

Kolaborasi dalam proyek ini juga sesuatu yang luar biasa karena fan bisa melihat Suga bekerjasama dengan leader BTS sendiri yaitu RM, penyanyi R&B asal Amerika MAX, artis K-Pop NiiHwa, dan bahkan Kim Jong Wan dari band rock korea NELL. Pasalnya Kim Jong Wan adalah salah satu idolanya Suga ketika ia masih muda.

Suga BTS Kejutkan Penggemar dengan Merilis Mixtape Kedua Bertajuk D-2
Suga berkolaborasi dengan MAX dalam lagu Burn It (Foto: Twitter/@MAXmusic)

Seperti yang kamu tahu, 2020 ini seharusnya jadi tahunnya BTS untuk semakin melebarkan sayapnya. Setelah sukses dengan perilisan album terbaru mereka Map of The Soul: 7, ketujuh member seharusnya memberikan persembahan tur dunia untuk ARMY.

Sayangnya pandemi COVID-19 menghalangi rencana mereka. Namun alih-alih memperlihatkan kemampuan memasaknya di Instagram, Suga memanfaatkan waktu karantina ini untuk menghidupkan kembali Agust D dan menjadikannya mixtape.

D-2 adalah koleksi dari emosi, ide, dan suara yang dia cerna selama empat tahun terakhir. "Ini adalah dokumentasi diri saya sebagai orang yang berumur 28 tahun," kata Suga. "D-2 adalah hasil dari waktu karantina saya. Sebuah 'silver lining' kreatif," tambahnya.

Melalui wawancaranya dengan Time, Suga akui bahwa lewat mixtape ini dia bisa memperlihatkan sisi raw dirinya. Selain itu, dia menyebutkan bahwa fiolosofinya adalah 'what's good is good' dan ia merasa sudah cukup baik berada di level yang sama dengan standar orang lain. (sam)

Baca juga:

BTS, Blackpink, dan Bong Joon-ho Masuk dalam 100 orang Asia Paling Berpengaruh


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH