Sudirman Said Sarankan Menag Lukman Hakim Mundur Direktur Materi dan Debat (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said ikut berkomentar atas kasus korupsi yang sedang melilit kementerian Agama.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu menyarankan agar Menag Lukman Hakim fokus mennyelesaikan proses hukum dan mundur dari jabatannya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (MP/Fadhli)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (MP/Fadhli)

"Kalau pejabat publik terindikasi melakukan pelanggaran hukum dan sedang menjalani proses hukum sebaiknya mundur. Sesuai etika saja," kata Sudirman di UGM Yogyakarta, Kamis (21/3).

Saran itu bukan terlontar begitu saja, Ia mencontohkan kasus Idrus Marham yang berbesar hati melepaskan jabatan Menteri Sosial saat terjaring KPK.

Namun ia enggan menduga apakah Lukman Hakim turut bersalah ikut serta memuluskan kenaikan jabatan. Ia sangat prihatin dengan kasus suap dan korupsi masih terjadi di partai dan lembaga yang identik dengan suatu agama.

"Kita prihatin musibah ini menimpa parpol yg mengibarkan agama dan kementerian yang mengurus agama,"tuturnya.

Sbagai informasi, KPK telah menetapkan 3 tersangka kasus suap jabatan di Kemenag. Ketiganya adalah Ketua Umum partai PPP Rommy, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Rommy terjaring ott KPK pada Jumat (15/03). Pria asli Yogyakarta itu diduga menerima suap senilai Rp 300 juta dari Haris dan Muafaq untuk memuluskan keduanya naik jabatan. (Teresa Ika)

Baca Juga: Kata Menag Lukman Hakim Usai Ruang Kerjanya Tiga Hari Disegel KPK



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH