Sudirman Said Respon Baik Paket Kebijakan Ekonomi Jilid VIII Sudirman Said sebagai pelapor usai sidang MKD di Gedung Nusantara II DPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (2/12). (Foto: MerahPutih/Fachruddin Chalik)

MerahPutih Keuangan - Pemerintahan Joko widodo-Jusuf Kalla, kemarin (21/12), telah mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid VIII. Salah satu poin yang tercantum adalah membangun ketahanan energi melalui percepatan pengembangan dan pembangunan kilang minyak di dalam negeri.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya, ada dua hal yang terkait dengan pembangunan kilang dalam paket kebijakan yang baru dirilis itu.

"Pertama yang terpenting sudah memiliki landasan hukum yang kuat," ujar Sudirman, dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (22/12).

Lalu yang kedua adanya skema yang jelas dalam pembangunan kilang. Empat skema pembangunan kilang tersebut di antaranya, kilang bisa digunakan dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kedua pemerintah bisa menugaskan PT Pertamina (Persero) selaku perusahaan BUMN untuk membangun kilang," sambungnya.

Skema ketiga, pembangunan kilang yang dikerjasamakan antara Pertamina-swasta. Dan,yang keempat skema pembangunan kilang pure dilakukan oleh swasta. (rfd)

 

BACA JUGA:

  1. Menteri ESDM Pasrah Penerimaan Negara di Sektor Migas Tak Tercapai
  2. Sektor Manufaktur Proyeksi Investasi Terbesar 2016
  3. Kementerian ESDM Belum Putuskan Pengembangan Blok Masela
  4. Ketua Kadin Sambut Baik Paket Kebijakan Ekonomi Jilid VIII
  5. Mantan Menteri KKP: Indonesia Belum Bisa Jadi Negara Maritim


Adinda Nurrizki

LAINNYA DARI MERAH PUTIH