Sudahkah Merasakan 'Deep Sleep' di 2019? Kamu butuh tidur nyenyak! (Foto: Unsplash/Gregory Pappas)

DURASI tidur malam tidak menjamin kualitas tidurmu. Walau pakar kesehatan menyarankan untuk tidur 6-8 jam sehari, durasi tersebut tetap bisa membuat tubuh kamu tidak bugar saat bangun di pagi hari. Penyebabnya karena tidurmu tidak mengalami deep sleep atau tidur nyenyak.

Melansir Men's Health, deep sleep akan membuat tubuhmu pulih dan kembali bugar. Siklus tidur ini dapat mengisi ulang lebih banyak tenaga dibandingkan siklus tidur lainnya.

Baca juga:

Jet Lag Bisa Diatasi dan Diantisipasi

Deep sleep merupakan tahap ketiga dalam siklus tidur. Saat memasuki tahap ini kamu akan sulit terbangun atau bahkan dibangunkan orang lain. Deep sleep tidak terjadi sepanjang durasi tidur, jika kamu tidur 7 jam, normalnya kamu akan mengalami deep sleep selama 90-120 menit.

Untuk mengetahui apakah kamu sudah tidur nyenyak atau belum itu mudah. Kualitas tidurmu akan sangat mempengaruhi kondisi tubuhmu di pagi hari, tubuh tetap merasa lelah walau durasi tidur cukup. "Jika Anda tidak memiliki tidur yang menyegarkan, biasanya itu berarti Anda tidak bisa tidur nyenyak," Ujar Ulysses Magalang, M.D., Direktur the Sleep Disorders Center.

Nah, sudahkah tidurmu mengalami deep sleep selama 2019? Kalau belum, kamu bisa menjalankan kiat-kiat ini agar tidurmu berkualitas di 2020 nanti.

1. Olahraga

Tidur kurang nyenyak menandakan kamu kurang olahraga (Foto: Unsplash/Alexander Redl)

Tidur tidak nyenyak menandakan kamu kurang olahraga. Dengan rutin berolahraga tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang memudahkanmu untuk tidur. Namun, jangan berolahraga 1-2 jam sebelum tidur, mata kamu malah jadi segar nantinya.

2. Jaga kamar tetap gelap dan dingin

Atur suhu ruangan antara 19-21 derajat celcius (Foto: Unsplash/Alexander Possingham)

Nuansa kamar yang gelap memudahkanmu untuk terlelap. Tapi, itu saja tidak cukup. Kamu juga harus menjaga ruangan kamarmu tetap dingin. Atur suhu ruangan antara 19-21 derajat celcius. Suhu ini paling tepat agar tidurmu pulas.

Baca juga:

Bangun Tidur Kepala Terasa Berat? Bisa Jadi Kamu Waswas

3. Hindari hal-hal yang bikin susah tidur

Jangan minum kopi sebelum tidur (Foto: Unsplash/Mike Kenneally)

Ada banyak hal yang bisa membuatmu gagal tidur nyenyak. Mulai dari paparan sinar ponsel, mengonsumsi kopi, hingga merokok. Jadi kalau sudah masuk kamar, jauhkan semua hal itu. Waktu tidur ya untuk tidur.

4. Tentukan jadwal tidur yang sama

Tidurlah di waktu yang sama setiap harinya (Foto: Unsplash/Benjamin Voros)

Konsisten dengan jadwal tidur harianmu akan membuat tidurmu nyenyak. Tentukan jadwal tidurmu, dan tidur di jam yang sama di hari-hari seterusnya. Satu hal lagi yang perlu kamu hindari, jangan pernah mengganti waktu tidurmu yang kurang di akhir pekan karena percuma. Tidur malam tidak akan tergantikan. Oleh karena itu, maksimalkan waktu malam untuk beristirahat bukan untuk bermain gim daring ya.

Yuk sahabat Merah Putih, perbaiki kualitas tidurmu di tahun 2020! (ikh)

Baca juga:

Pria Tidur Terlalu Dini Pertanda Penyakit

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo