Sudah Tahu Kenapa Permohonan Visa Ditolak? Hindari 5 Hal Ini Visa (Foto: Unsplash/Denise Jans)

LIBURAN ke luar negeri bisa gagal total gara-gara permohonan visamu ditolak. Ya, proses pengajuan visa memang bikin was-was. Terlebih kalau negara tujuanmu memiliki aturan ketat terhadap wisatawan seperti Amerika Serikat. Pengajuan visa ke negeri Paman Sam sangat sulit.

Nah, kamu sudah tahu belum kenapa pengajuan visamu bisa ditolak? Yuk, ketahui penyebabnya supaya rencana bepergian ke luar negerimu lancar jaya. Melansir Airpaz, 5 hal ini bisa membuat pengajuan visamu ditolak.

Baca juga:

5 Negara di Amerika Latin yang Bebas Visa Bagi WNI

1. Keadaan finansial kurang mendukung

Pastikan memiliki dana yang cukup untuk pergi ke luar negeri (Foto: Unsplash/Pepi Stojanovski)

Pihak pemberi visa akan melakukan pengecekan keadaan finansialmu. Jika dana bepergian yang kamu miliki tidak memenuhi syarat pengajuan yang ditetapkan, permohonan visamu tidak akan dikabulkan. Jadi pastikan dulu kamu memiliki dana yang cukup sebelum mengajukan visa. Kalau perlu lebih dari cukup.

2. Memiliki itinerary perjalanan yang kurang detail

Tulis rencana perjalanan dengan detil (Foto: Unsplash/Cathryn Lavery)

Kamu harus memaparkan itinerary perjalananmu dengan detail. Mulai dari destinasi yang ingin kamu kunjungi, tempat menetap, hingga transportasi apa yang akan kamu gunakan untuk mobilitas. Kamu juga harus menuliskan dengan detail setiap alamat tempat yang akan kamu singgahi selama di luar negeri.

3. Alasan pergi ke luar negeri kurang jelas

Kamu harus memiliki alasan kuat pergi ke luar negeri (Foto: Unsplash/Helloquence)

Penyebab ini paling sering dialami setiap pelancong. Kamu harus memiliki alasan kuat pergi ke luar negeri. Tak hanya itu, begitupun untuk kembali ke tanah air. Soalnya, banyak turis yang memanfaatkan kesempatan berlibur ke negara tujuan mereka untuk mencari pekerjaan.

Supaya permohonan visamu diterima setidaknya kamu harus bekerja minimal satu tahun di perusahaan kamu bekerja sekarang. Dengan begitu, kamu bisa memiliki surat keterangan kerja dari perusahaan yang lebih meyakinkan.

Baca juga:

Kenali Berbagai Macam Jenis Visa Beserta Fungsinya

4. Paspor sudah tidak berlaku

Jangan sampai paspor rusak (Foto: Unsplash/Nicole Geri)

Kamu harus teliti terhadap masa berlaku paspormu. Jika masa berlaku paspor sudah kurang dari enam bulan, kamu tidak akan bisa mendapatkan visa. Selain itu, keadaan paspor yang sudah rusak juga bisa membuat pengajuan permohonan paspormu ditolak.

5. Tidak menunjukan bukti pemesanan hotel

Lampirkan bukti pemesanan hotel (Foto: Unsplash/Rhema Kallianpur)

Beberapa kedutaan terutama negara Eropa mengharuskan kamu melampirkan bukti pemesanan hotel saat mengajukan permohonan paspor. Pastikan kamu sudah memesan hotel dan memiliki bukti pemesanan untuk diberikan kepada pihak kedutaan. Jika kamu menyewa apartemen, lakukan hal yang sama. Minta bukti kepada pihak pengelola apartemen bahwa kamu sudah melakukan pemesanan.

Bagaimana sahabat Merah Putih, ada rencana membuat visa kapan nih? (ikh)

Baca juga:

Ini Bedanya Membuat Visa Jepang dan Korea Selatan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH