Sudah Tahu? Danau Toba Ternyata Punya Pantai Pantai Batu Hoda (Foto: instagram@batuhodabeach)

TAK banyak orang yang tahu kalau Danau Toba ternyata memiliki sebuah pantai indah. Terletak di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, pantai yang bernama Batu Hoda itu menyajikan berbagai keindahan melebihi pantai pada umumnya.

Di sana terdapat bebatuan dengan bentuk unik. Di atasnya ditumbuhi pepohonan dengan akar yang seakan mencengkram kuat batu di bawahnya. Bebatuan di sana tak dibuat oleh manusia. Di perkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Batu Hoda, pantainya Danau Toba (Instagram/batuhodabeach)
Batu Hoda, pantainya Danau Toba (Foto: instagrambatuhodabeach)

Bagi kaum mileial yang hobi berfoto, di Pantai Batu Hoda ada banyak spot foto cantik. Seperti Solu Batak (semacam perahu), rumah pohon, sarang burung dan lain-lain. Tak hanya itu terdapat pula gazebo berukuran 2x2 yang bisa dipakai bersantai bersama keluarga.

Sekilas Pantai Batu Hoda mirip dengan pantai di Danau Poso, Sulawesi Tengah. Ombak di pantai ini sangat tenang. Kamu juga bisa menemukan tiga tipe dataran di pantai Batu Hoda yakni berpasir halus, kasar, serta bebatuan besar.

Pantai Batu Hoda punya bebatuan unik (Instagram/androonainggolan_ )
Pantai Batu Hoda punya bebatuan unik Foto: instagram@androonainggolan_ )

Pantai Batu Hoda sebenarnya adalah destinasi baru di sekitar Danau Toba. Tempat tersebut dibuka awal September lalu. Meski demikian, keindahan alam di pantai ini membuatnya cepat dikenal bahkan hingga mancanegara. Jika memiliki kesempatan berkunjung ke sana, mungkin kamu akan menemukan beberapa bule bersantai.

Ada satu cerita unik mengapa pantai tersebut dinamakan Batu Hoda. Batu Hoda sendiri berasal dari bahasa Batak yang artinya Batu Kuda. Konon ada sebuah kuda betina yang sangat setia hingga berakhir menjadi batu.

Kepopuleran Pantai Batu Hoda sampai mancanegara (Instagram/batuhodabeach)
Kepopuleran Pantai Batu Hoda sampai mancanegara (Foto: instagram@batuhodabeach)

Dikisahkan seekor kuda betina menyebrangi Danau Toba dan berhenti di pantai tersebut. Kuda itu tak diketahui berasal dari mana. Karena kesepian ia mencari pasangan. Sayang, tak ada kuda jantan yang datang. Kuda tersebut terus menunggu hingga akhirnya menjadi batu.

Agar sampai ke Pantai Batu Hoda tak sulit. Kamu bisa menempuhnya dengan jarak 1 kilometer saja dari Pelabuhan Sinanindo. Tapi jika kamu dari Medan, maka waktu yang dibutuhkan sekitar 6 jam perjalanan hingga sampai ke lokasi. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH