Sudah Sembuh, Kura-Kura dengan Kursi Roda Lego ini Dikembalikan ke Habitatnya Kura-kura eastern box yang menggunakan kursi roda dari lego sudah sembuh (Foto: Maryland Zoo)

TERNYATA mainan lego bisa bermanfaat untuk menyelamatkan binatang lho. Hampir dua tahun lalu, staf kebun binatang Maryland di Baltimore menemukan seekor kura-kura eastern box yang terluka.

Kura-kura berwarna campuran kuning oranye itu mengalami luka patah pada bagian bawah cangkangnya. Untungnya, berkat inovasi kursi roda unik yang terbuat dari lego, sang kura-kura bisa lebih cepat sembuh dan dapat kembali ke habitatnya.

Baca juga:

Jangan Lakukan ini Saat Bermain Game Online

Ketika pertama kali masuk ke rumah sakit hewan, dokter mengatakan binatang itu mengalami patah di bagian plastron, daerah bawah cangkangnya, demikian dikabarkan People. Akan tetapi dokter mengalami kesulitan dalam mengobatinya karena lokasi patahnya yang unik.

Mereka ingin kura-kura itu tetap bisa bergerak, namun di sisi lain harus dibatasi geraknya agar bisa sembuh total. Akhirnya dengan menggunakan pelat tulang dari logam, jahitan, serta kawat bedah, pihak rumah sakit bisa menstabilkan cangkangnya yang rapuh.

Baca juga:

Kamu Bisa Streaming Bareng Teman Tanpa Delay Via 3 Fitur Ini!

Agar proses pemulihan bisa berjalan sempurna, cangkang kura-kura eastern box itu tidak boleh menyentuh tanah. Oleh sebab itu, pihak RS membuat sketsa kursi roda dan mengirimnya kepada teman mereka yang menggemari mainan lego. Sehingga muncul lah inovasi kursi roda pertama untuk kura-kura yang terbuat dari mainan lego.

Berkat kursi roda legonya, sang kura-kura tetap bisa bergerak tanpa membahayakan cangkangnya (Foto: Maryland Zoo)
Berkat kursi roda legonya, sang kura-kura tetap bisa bergerak tanpa membahayakan cangkangnya (Foto: Maryland Zoo)

Dengan menyusun beberapa potongan lego, mereka berhasil membuat kursi roda ‘custom’ sesuai ukuran si kura-kura. Tidak lupa disertai dengan empat buah roda di bagian samping agar tangan dan kakinya tetap bisa digunakan untuk berjalan. Sementara pada bagian atasnya dibuat sedemikian rupa untuk menjaga cangkang tetap di tempatnya.

“Kura-kura sembuh lebih lambat dibandingkan hewan lain karena metabolismenya yang lama. Jadi kura-kura ini menggunakan kursi roda legonya dari musim dingin sampai musim semi 2019 sampai semua fragmen menyatu dan cangkangnya sembuh,” kata Dr. Ellen Bronson, direktur senior kesehatan hewan, konservasi, dan penelitian Maryland Zoo.

Berkat bantuan para dokter serta inovasi lego yang unik, pasien kura-kura ini akhirnya bisa sembuh dan pulang kembali ke habitatnya. Tentunya tanpa perlu menaiki kursi rodanya lagi. (Sam)

Baca juga:

Peringati Hari Media Sosial Sedunia, Hotel Ini Hadirkan Kontes Foto Berhadiah Menarik


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH