Sudah Rajin Nge-Gym, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk?

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 25 Agustus 2022
Sudah Rajin Nge-Gym, Kenapa Otot Tak Kunjung Terbentuk?
Ada berbagai hal yang merintangi terbentuknya otot. (Unsplash/Anastase Maragos)

MEMBENTUK otot memang tidak mudah, tapi ada banyak cara untuk mencapainya. Hanya sayangnya, beberapa orang yang sudah rajin nge-gym masih tidak bisa memiliki otot yang dinginkan. Banyak yang kemudian merasa sia-sia melakukan rutin angkat beban karena tak kunjung mendapatkan otot yang kekar dan besar.

Selain itu, semua orang ingin menjadi bugar. Namun harus diakui bahwa orang-orang merasa kekurangan waktu atau kesabaran yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil. Terutama jika tujuan kamu adalah membangun fisik yang lebih berotot.

Baca Juga:

Perempuan Vegetarian Lebih Berisiko Patah Tulang Pinggul

olahraga
Perhatikan gerakan yang benar selama melakukan olahraga di gym. (Unsplash/Luis Vidal)

Salah satu para peminat kebugaran, mengatakan bahwa metode latihan yang bisa kamu sebut time under tension mencatat bahwa memperlambat kecepatan latihan seperti jongkok atau ikal bisep adalah rahasia untuk membantu memperbesar otot dengan cepat.

Namun ada beberapa kesalahan lainnya yang mungkin tidak kamu sadari selama nge-gym. Kesalahan dalam olahraga ini yang membuat gagal membentuk otot.

Variasi

Otot kamu perlu variasi dalam bergerak selama latihan. Jika kamu hanya melakukan latihan dengan otot yang sama dan cara yang sama, pergerakan otot kamu akan terbatas itu-itu saja. Kondisi itu merupakan kesalahan membentuk otot selanjutnya. Kamu perlu ganti program latihan setiap 6-8 minggu sekali. Untuk lebih menantang diri kamu sendiri, pastikan kamu juga melatih bagian otot yang masih lemah.

Baca Juga:

Waspadai Gejala Intolerensi Gluten yang Ganggu Aktivitas

olahraga
Bukan hanya gerakan yang benar, namun asupan makanan harus diperhatikan pula. (Pexels/Victor Freitas)

Karbohidrat

Menurut Maria-Paula Carrill, ahli gizi dan pangan mengatakan bahwa hanya fokus pada asupan protein saja tidak akan membantu kamu membentuk otot. Jika kamu mengonsumsi protein berlebihan, ada kemungkinan besar kamu tidak akan mendapat asupan karbohidrat yang cukup.

Karbohidrat penting dalam memberi energi yang lebih banyak saat kamu olahraga dan untuk benar-benar membangun otot. Namun, tak hanya itu, karbohidrat juga membantu membangun kembali jaringan otot dalam waktu cepat yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan otot.



Waktu

Secara keseluruhan, tidak ada jalan pintas untuk membangun otot. Jika kamu ingin membentuk otot, tentunya membutuhkan konsistensi, nutrisi yang tepat, dan mencoba menantang diri sendiri setiap latihan dengan melakukan sedikit lebih banyak atau mengangkat sedikit lebih berat. (Mrf)

Baca Juga:

5 Makanan untuk Meningkatkan Memori

#Olahraga #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan