Sudah 'Move On' dari Mantan? Jawabannya Bisa Ketemu Lewat 6 Pertanyaan Ini Ini 6 pertanyaan yang harus kamu tanyakan ke diri sendiri sebelum berkencan lagi. (Foto: Dialy Beast)

SETELAH putus cinta, duniamu serasa runtuh.Kamu mungkin merasa bahwa kamu tidak mau lagi mempercayakan hatimu kepada orang lain selamanya, dan kamu merasa kapok untuk jatuh cinta lagi. Meskipun demikian, waktu terus berjalan dan mau tidak mau kalian harus tetap menjalani hidup.Kamu harus terus melangkah ke depan dan meninggalkan masa lalu di belakang. Kamu harus membuka hati dan jatuh cinta lagi dengan orang lain.

Tetapi, apakah kamu sudah siap? Apakah kamu sudah move on? Apakah kamu sudah siap untuk jatuh cinta lagi? Jika masih bingung, coba tanya pada dirimu sendiri keenam pertanyaan dibawah ini ya.

Baca juga:

Begini Caranya 'Move On' dari Seseorang yang Ternyata Bukan Jodohmu

1. Apakah aku sudah siap pacaran lagi?

Sudah 'Move On' dari Mantan? Jawabannya Bisa Ditemukan Lewat 6 Pertanyaan Ini
Jangan suka memaksakan diri dan berikan dirimu lebih banyak waktu. (Foto: Pixabay)

Jawaban ini harus kamu tanyakan kepada dirimu sendiri, bukan kepada teman-temanmu. Sebagai teman yang baik, biasanya mereka akan memberikan saran seperti 'masih banyak ikan di laut' dan mendorongmu untuk bersenang-senang dan segera membuka hati untuk seseorang yang lebih baik.

Meskipun begitu, cobalah untuk bertanya kepada dirimu sendiri, apakah kamu mau memulai yang baru? Apakah kamu masih memikirkannya? Apakah kamu masih menangis sebelum tidur? Apakah ini adil untuk orang baru selanjutnya jika mereka ternyata hanyalah korban dari rebound relationship?

2. Seperti apa respon fisikku ketika setuju untuk berkencan dengan orang lain?

Sudah 'Move On' dari Mantan? Jawabannya Bisa Ditemukan Lewat 6 Pertanyaan Ini
Apakah kamu suka membanding-bandingkan semua orang dengan mantan? (Foto: Washingtin Post)

Apakah kamu merasa senang dan tidak sabar menanti-nantikan kencan dengannya?Atau timbul keraguan yang tinggi serta rasa malas untuk bertemu?

Jika kamu merasa gugup dan bahagia ketika ingin berkencan dengan seseorang, itu bisa menjadi tanda yang baik karena bisa jadi kamu benar-benar tertarik terhadap orang ini. Namun jika kamu merasa dingin, malas, atau bahkan jijik dengan dirimu sendiri atau situasi yang sedang terjadi, mungkin kamu harus mempertimbangkannya lagi.

3. Apakah aku bisa merasa senang ketika berkencan tanpa harus membanding-bandingkannya dengan sang mantan?

Sudah 'Move On' dari Mantan? Jawabannya Bisa Ditemukan Lewat 6 Pertanyaan Ini
Apakah kamu masih stalk media sosial mantanmu? (Foto: The Verge)

Jika kamu berpikir 'orang ini ternyata tidak semenarik/secantik/setampan/selucu/sepintar' mantanmu, artinya kamu masih terbayang masa lalu dan tentunya masa lalu tersebut masih menghantuimu.

Baca juga:

Lambat Move On Berefek pada Kesehatan Jantung

4. Apakah aku mampu melihat secara objektif alasan putusnya hubungan sebelumnya?

Sudah 'Move On' dari Mantan? Jawabannya Bisa Ditemukan Lewat 6 Pertanyaan Ini
Apakah kamu bisa berpikir objektif? (Foto: Fatherly)

Jika kamu mengilas balik dan kamu masih tidak memahami dengan jelas apa masalah atau hikmah dari kandasnya hubunganmu sebelumnya, mungkin kamu tidak sedang berada di posisi yang stabil untuk memulai hubungan baru.

Hubungan percintaan yang serius membutuhkan fondasi yang kuat, sehingga kamu harus mampu melihat suatu masalah secara objektif untuk bisa tahu apa kekurangan dan kelebihanmu dan memperbaikinya di hubungan selanjutnya.

5. Apakah aku berkencan lagi karena benar-benar tertarik atau hanya untuk membuat mantan cemburu?

Sudah 'Move On' dari Mantan? Jawabannya Bisa Ditemukan Lewat 6 Pertanyaan Ini
Apakah kamu masih peduli tentang mantanmu? (Foto: Washington Post)

Jawaban dari pertanyaan ini bisa menentukan kapan waktu paling tepat bagimu untuk memulai hubungan percintaan yang baru setelah putus cinta.Jangan sampai orang lain dirugikan karena perasaanmu yang masih belum stabil.

6. Apakah aku berkencan dengan orang lain untuk mengisi kekosongan/kehampaan dari putus cinta?

Sudah 'Move On' dari Mantan? Jawabannya Bisa Ditemukan Lewat 6 Pertanyaan Ini
Apakah kamu merasa hampa tanpanya? (Foto: SlotsVerse)

Kesepian, hampa, dan kosong merupakan perasaan yang kerap dirasakan sehabis putus cinta. Jika kamu merasakan ini, mungkin sebenarnya kamu belum terlalu percaya diri dengan dirimu sendiri atau memiliki rasa insecure yang tinggi sehingga kamu membutuhkan cinta dari orang lain agar kamu bisa merasa menjadi seorang manusia seutuhnya.

Ketika kamu kehilangan dia, kamu merasa separuh jiwamu pergi dan kamu mencoba untuk mengisi ruang di hidupmu dengan orang lain.

Jika ruang hampa ini terus ada, kamu akan terus membutuhkan orang lain sepanjang hidupmu untuk membuatmu terasa utuh.Jika kamu masih merasa seperti ini, kamu harus coba untuk memantapkan dirimu sendiri lewat pencarian identitas.

Coba cintai dirimu sendiri dan gunakan waktu luangmu untuk menjalani aktivitas yang dari dulu kamu senangi untuk mencoba mengisi kehampaan. Jika kamu lama kelamaan merasa utuh tanpa kehadiran orang lain, maka mungkin itu pertanda bahwa kamu sudah stabil dan sudah bisa memulia hubungan baru kembali. (Shn)

Baca juga:

Perhatikan 4 Tanda Ini, Jangan-Jangan Kamu Belum 'Move on' dari Mantan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH