Sudah Mati-Matian Diet, tapi enggak Kurus Juga? Tujuh Hal ini Penyebabnya

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 26 April 2019
Sudah Mati-Matian Diet, tapi enggak Kurus Juga? Tujuh Hal ini Penyebabnya
Faktor-faktor tertentu bikin diet kamu gagal. (foto: pixabay/terovesalaenen)

MEMILIKI tubuh ramping dan proporsional ialah impian semua orang. Namun, kadang sudah capai diet dan olahraga, tapi berat badan malah enggak kunjung turun. Apa yang salah ya?

Ternyata ada 7 faktor yang membuat kamu susah menurunkan berat badan.

1. Terlalu Banyak Berolahraga

sport
Terlalu banyak berolahraga membuat imun tubuh rendah. (foto: pixabay/5132824)


Kalau kamu mencoba untuk memulai berolahraga pada hari ini, kamu bakal merasakan efeknya. Namun, gunakan waktu olahraga kamu dengan baik. Jangan terlalu lama. Pasalnya, tubuh kamu akan merasa sakit sehingga menurunkan sistem immunitas. Hal itu dapat menghentikan tubuhmu dari membakar lemak.

2. Kekurangan Jam Tidur

sleep
Kurang tidur mengganggu kerja hormon. (foto: pixabay/engine_akyurt)

Jika kamu ingin cepat kurus dengan diet, cobalah untuk tidak begadang. Saat kamu mengurangi jam tidur kamu, hormon dan metabolisme dalam tubuhmu akan terganggu. Jadi lemak dalam tubuh kamu tidak akan terbakar.


3. Kurang Makan

eat
Biarpun diet, kamu tetap harus makan. (foto: pixabay/twin1961)

Tubuh kamu pasti terbiasa untuk makan secara teratur atau tergantung kebiasaan kamu makan. Namun, jika kamu mengurangi porsi makan secara tiba-tiba, itu akan melemahkan tubuh serta mengurangi imunitas tubuh.


4. Otot yang tidak Terurus

people
Selain latihan kardio, kamu juga perlu latihan angjat beban. (foto: pixabay/stocksnap)

Jika kamu berolahraga, cobalah untuk berlatih menggunakan mesin-mesin seperti dumbell atau barbell. Terlalu banyak kardio juga membuat otot kamu tidak akan terurus. Cobalah untuk menyeimbangkan antara kardio dan latihan menggunakan mesin. Selain metabolisme kamu naik, kamu jugua bisa menurunkan lemak dengan baik.


5. Kurang Makan Makanan Berprotein

meat
Asuplah protein dalam jumlah cukup. (foto: pixabay/free-photos)

Nutrisi dalam tubuh kamu itu lebih memiliki peran penting ketimbang olahraga. Cobalah untuk makan makanan berprotein. Cobalah untuk makan makanan berprotein. Makanan berprotein enggak hanya mengenyangkan perut, tapi juga bisa menstabilkan tubuh agar kamu bisa sehat. Kandungan protein pada makanan menstabilkan kadar gula dalam tubuh kamu. Yang paling penting, metabolisme dalam tubuh kamu menjadi teratur.


6. Terlalu Banyak Makan

goose
Aturlah kalori yang diasup dalam sehari. (foto: pixabay/ivabalk)

Ini adalah alasan penting mengapa banyak orang yang berolahraga, tetapi sama sekali tidak mencapai target. Cobalah untuk teratur dalam memilih makanan, seperti contohnya 100 kalori dari kacang itu berbeda perannya daripada 100 kalori dari sekaleng Diet Coke. Cobalah untuk mengatur jumlah kalori yang dipenuhi per hari.

7. Konsumsi Karbohidrat Berlebih

rice
Batasi asupan kalori. (foto: pixabay/magaret_1974)

Saat menurunkan berat badan, turunkan juga konsumsi karbohidrat. Bahkan seperti nasi putih, roti yang bukan roti gandum, hingga penggunaan tepung tidak akan memberikanmu nutrisi. Bahan pangan itu bahkan meningkatkan gula darah kamu. Gantilah karbohidratmu dengan nasi merah, roti gandum, atau dengan perasa manis alami seperti madu.(ald)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan