Sudah Berkarya Bertahun-tahun, Lima Desainer Asia Ini Mulai Naik Daun

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Sabtu, 09 September 2023
Sudah Berkarya Bertahun-tahun, Lima Desainer Asia Ini Mulai Naik Daun
Gaurav Gupta jadi desainer asal Asia yang sukses di negara Barat. (Foto: Instagram/@Gautavguptaofficial)

ASIA bagus! Sebutan jadul ini tak hanya cocok untuk para penyanyi asia yang sukses lewat ajang pencarian bakat, tapi juga cocok disematkan untuk para perancang busana kiwari.

Asia kian menunjukkan taringnya melalui dunia mode. Khususnya melalui busana mewah nan glamor yang kerap dikenakan bintang ternama dunia.

Tak sedikit desainer asal Asia merintis pasarnya di negara adidaya Amerika Serikat. Dari banyaknya desainer Asia yang muncul, nama-nama ini sedang naik daun. Siapa saja, sih, mereka? Yuk, kenalan.


1. Peter Do

Jeno NCT tampil di debut koleksi rancangan Peter Do untuk Helmut Lang. (Foto: Instagram/@the.peterdo)


Setelah memamerkan debut koleksinya sebagai direktur kreatif untuk Helmut Lang, nama Peter Do semakin melonjak naik sebagai desainer asal Vietnam yang menembus pasar dunia.

Terlebih saat dia menggaet personil anggota grup vokal asal Korea Selatan, Johnny dan Jeno NCT sebagai wajah dari koleksi Helmut Lang.

Sebelum sukses di industri fesyen, ia adalah anggota keluarga yang kurang berkecukupan di negeri asalnya. Channel News Asia menyebut bahwa ia mengejar mimpinya menjadi seorang desainer dan pindah ke Amerika saat berusia 14 tahun.

Kemudian, ia bekerja serabutan di bidang konstruksi, pengepakan daging, dan penjualan. Ia melewati berbagai ujian hingga akhirnya lulus dari The Fashion Institute of Fashion (FIT). Koleksinya memenangkan hadiah LVMH pada 2014. Membuatnya dapat bekerja di rumah mode ternama Celine.

Baca juga:

Empat Item Pilihan Desainer Clare Waight Keller untuk UNIQLO : C


2. Gaurav Gupta

gupta
Raline Shah hadir di Festival Film Cannes 2023 mengenakan gaun rancangan Gaurav Gupta. (Foto: Instagram/@gauravguptaofficial)

Terkenal dengan gaun haute couture dengan siluet yang tidak biasa, desainer asal India ini lulus dari National Institute of Fashion Technology di negaranya pada 1997. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Central Saint Martins College of Arts and Design di London dan lulus pada 2003.

Gupta sohor berkat menciptakan gaun sari, yaitu sebuah busana yang mengambil inspirasi dari campuran sari dan gaun di negara Barat. Selain itu, ia juga terinspirasi oleh konsep mistisisme Timur dan menggabungkan abstraksi matematika dengan tradisi spiritual kuno India.

Gaunnya telah digunakan oleh banyak selebritas Hollywood seperti Beyonce, Cardi B, Lizzo, dan Priyanka Chopra. Bahkan aktris kenamaan Indonesia, Raline Shah hadir di Festival Film Cannes menggunakan gaun rancangan sang maestro couture asal India itu.


3. Robert Wun

robert wun
Robert Wun bawakan konsep feminisme untuk rancangan busana couture. (Foto: Instagram/@robertwun)


Perancang yang berbasis di London, Inggris, ini menjadi desainer pertama asal Hong Kong yang memamerkan koleksinya di Haute Couture Fashion Week di Paris. Sebelum meluncurkan label busananya, Wun mengawali karirnya sebagai penata busana pada 2014.

Sampai akhirnya, ia memperoleh gelar dari London College of Fashion dan melalui desain rancangannya yang menginspirasi dan mengantarkan Wun mendapatkan nominasi Woolmark Prize 2016.

Tumbuh besar sebagai etnis Tiongkok di London, menjadikan Wun memiliki perspektif dengan memiliki konsep feminisme dan pemberdayaan perempuan di setiap koleksi rancangan nya.

Baca juga:

Audemars Piguet Luncurkan Arloji Kolaborasi dengan Desainer Matthew Williams


4. Hung La


Diluncurkan pada 2022, jenama baru dengan desainer asal Vietnam ini sangat memperlihatkan sisi maskulinitas dari seorang pria dengan gaya streetwear yang sedang tren pada masa kini.

Hung La memikirkan setiap stereotip maskulin dalam rancangannya. Ia tambahkan banyak unsur untuk mempertanyakan kredo lama punk dan hip-hop.


5. Christopher Bu

bu
Christopher Bu mulai dirilik melalui busana rancangannya yang dikenakan Fan Bing Bing di Festival Film Cannes 2011. (Foto: Instagram/@christopherbu)


Christopher Bu terkenal akan pemilihan motif dan potongan untuk busana haute couture yang terinspirasi dari budaya Tiongkok. Bu sering kali merilis lini pakaian kasual yang siap pakai, tetapi tidak sedikit yang ia desain secara personal untuk dikenakan saat menghadiri acara formal.

Hal ini karena gaya busananya yang cocok untuk melintasi karpet merah acara-acara bergengsi. Berawal dari selebritas Tiongkok yang mengenakan gaun rancangan Bu saat menghadiri Festival Film Cannes, nama perancang asal Beijing itu banjir pesanan dari klien internasional hingga saat ini. (dsh)

Baca juga:

Tujuh Desainer Prancis Pamer Koleksi di JF3 2023

#Fashion #Desainer
Bagikan
Ditulis Oleh

Disya Shaliha

Average internet voyager, surrendering to the whims of my feline rulers.
Bagikan