Nias-Mentawai, Fahombo & Bumi Sikerei

Subbet, Sajian Sederhana dari Bumi Sikerei

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 22 Oktober 2018
Subbet, Sajian Sederhana dari Bumi Sikerei
Subbet khas Mentawai. (foto: Instagram @rasasayange)

KEPULAUAN Mentawai yang indah di Sumatra Barat merupakan rumah bagi suku Mentawai. Masyarakat suku Mentawai secara fisik memiliki kebudayaan agak kuno, yaitu zaman neolitikum. Suku ini tidak mengenal teknologi pengerjaan logam, begitu pula bercocok tanam maupun seni tenun.

Di kepulauan yang mereka tinggali, yang mereka sebut Bumi Sikerei, suku Mentawai mengandalkan perolehan makanan mereka dari hasil alam. Umbi-umbian jadi salah satu sumber makanan pokok mereka. Umbi-umbian mereka olah dengan sederhana, tapi menghasilkan sajian nikmat ya khas.

Salah satu olahan umbi-umbi khas dari Bumu Sikerei ialah subbet. Sajian khas masyarakat Mentawai ini masih digemari hingga saat ini. Bahan dasar subbet ialah umbi keladi atau dalam bahasa lokal disebut gettek. Jika keladi tak tersedia, ubi bisa jadi penggantiya.

Keladi atau ubi dibersihkan lalu direbus hingga lunak. Setelah itu, umbi-umbian akan ditumbuk lalu dicampurkan dengan pisang yang juga sudah direbus. Masyarakat lokal biasanya menggunakan alat tradisional untuk menghaluskan bahan yang disebut tutudduk (alat penumbuk dari kayu) dan lulak (sejenis baki kayu).

subbet, mentawai
Umbi keladi direbus lalu ditumbuk. (foto: Instagram @moeliarahayu)

Campuran itu kemudian dikepal-kepal bulat hingga padat. Subbet disajikan bersama taburan parutan kelapa yang nikmat gurih. Orang Mentawai suka menyantap subbet bersama gulai ikan atau berteman lauk yang dimasak dalam bambu ataupun disalai (diasap).

subbet, mentawai
Subbet biasanya disajikan bersama lauk gulai atau salai. (foto: Instagram @onank_9itu_lo)

Dalam sajian yang lebih modern, subbet dihidangkan dengan parutan keju sebagai ganti kelapa parut. Tak hanya itu, bentuknya pun dibuat lebih indah dengan memanfaatkan cetakan kue. Biarpun dibuat modern, citarasa subbet tetap enak.

Penasaran ingin coba? Yuk, buat di rumah dengan resep yang dikutip dari akun Instagram @rasasayange berikut.


RESEP SUBBET


BAHAN 1:

600 g talas yang tua potong serasi besarnya
4 buah pisang kepok kuning dikupas

BAHAN 2:

800 ml air
2 sdt garam
1 sdm gula
1 sdt Merica Bubuk
¼ sdt Kunyit Bubuk
2 lembar daun pandan, ikat

BAHAN 3 :

½ butir kelapa agak muda diparut sunggat
½ sdt garam

CARA MEMBUAT:

1. Letakkan talas di dalam panci lalu masukkan semua bahan 2. Rebus hingga talas tiga perempat matang selama 20-25 menit.

2. Masukkan pisang ke rebusan lalu rebus lagi selama 10 menit. Sembari menunggu, campur semua bahan 3. Sisihkan.

3. Angkat talas dan pisang lalu haluskan dengan penghalus kentang atau diulek dengan cobek.

4. Kepal seperti bola pingpong, tetapi agak lonjong lalu gulingkan pada parutan kelapa hingga seluruh permukan subbet terlumur rata.

5. Hidangkan hangat-hangat.(*)

#Nias-Mentawai, Fahombo & Bumi Sikerei
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan