Suasana Hangat Penuh Keakraban Sepekan Jalani Taplai Lemhanas-INTI Suasana hangat penuh keakraban saat penutupan pelatihan Taplai (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Program Pendidikan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan (Taplai) yang diinisiasi Perhimpunan INTI dengan Lemhannas RI telah berakhir. Pelatihan Taplai ini ditutup dengan kegiatan outbond dan Pusaka Bangsa di Santa Monica Resort, Bogor, Jawa Barat.

Juru Bicara Perhimpunan INTI, Lexyndo Hakim, menyebutkan setiap harinya suasana sangat penuh keakraban, bahkan terlihat saat para peserta dengan bergandengan tangan ketika outbond. Hal itu dilakukan guna menguatkan para peserta mencintai dan membangun Bangsa Indonesia.

"Bergandengan tangan itu artinya seperti lingkaran kebangsaan. Rantai persaudaraan dan rantai Bhineka Tunggal Ika," kata Lexy kepada MerahPutih.com, pada Minggu (5/8)

Dalam program Taplai ini, prosesi yang menyentuh hati ialah saat 100 peserta Taplai melakukan mengangkat kotak bertuliskan NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Direktur Program dan Pengembangan Pemantapan Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI, Brigjen Rafli bersama pengurus INTI (MP/Rizki Fitrianto)

Sambung Lexy, kotak itu bermakna mengenai 4 Konsesus dasar bangsa yang artinya masyarakat Indonesia harus menjaga Indonesia agar tak diinjak-injak oleh negara lain.

"Angkat kotak itu namanya Pusaka bangsa harus kita jaga jangan di injak-injak," kata Lexy.

Tak hanya angkat kotak dalam prosesi Pusaka Bangsa, lanjut Lexy, para peserta Taplai juga harus melakukan mencium Bendera Merah Putih. Hal itu dilakukan agar peserta cinta terhafap Tanah Air Indonesia. "Cium Bendera berarti cinta tanah air," tuturnya.

Kemudian prosesi Api Unggun, lanjut dia, filosofinya itu untuk membuang sifat-sifat tidak baik dari para peserta, karena mereka diperintahkan untuk menulis dikertas dan dibakar di api unggun tersebut. "Pembuangan sifat sifat sangat tidak baik dan negatif. Dengan cara api unggun," ungkap Lexy.

Suasana pelatihan Taplai (MP/Rizki Fitrianto)

Pelatihan Taplai ini ditujukan khusus kepada para generasi muda masyarakat Tionghoa untuk lebih mendalami dan mengerti nilai-nilai kebangsaan seperti wawasan nusantara geopolitik nilai-nilai luhur pancasila dan lain-lain. Sehingga nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di toko atau di kantor ataupun organisasi.

"Demikian hasil yang diharapkan sehingga mereka lebih berperan dalam kehidupan berbangsa bernegara Indonesia," jelas Lexy.

Lexy mengaku ada beberapa kali mendapatkan pesan dari peserta bahwa program ini sangat bagus dan berkesan dan tentunya membangun nilai kebangsaan pada identitas dari para peserta. Kemudian peserta juga berkeinginan pada tahun depan bila ada Taplai ini mereka bakal mengajak keluarga dan saudara agar lebih tahu sejarah Indonesia.

Setelah itu, Lexy berkata, ada beberapa usulan dari sebagian besar peserta agar kegiatan ini diselenggarakan setidaknya setahun dua kali.

"Kita ingin mereka memahami nilai-nilai kebangsaan kita, tetapi saya tidak ingin berhenti hanya kepada memahami, saya ingin mereka juga karena mengikuti itu rasa cinta kepada bangsa negara menjadi bertambah oleh karenanya dalam program komitmen ini," tuturnya.

Penyerahan sertifikat dari perwakilan Lemhanas RI kepada peserta Taplai (MP/Rizki Fitrianto)

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan INTI, Teddy Sugianto menegaskan bahwa keikutsertaan Taplai yang diinisiasi Lemhannas RI ini merupakan salah satu wujud nyata Perhimpunan INTI peduli terhadap ideologi negara.

"Program taplai ini adalah wujud nyata dan perhatian kami, perhimpunan Indonesia Tionghoa bahwa kami perduli terhadap nilai-nilai kebangsaan atau idiologi negara," kata Teddy.

Teddy berharap Taplai ni menjadi satu modal pendidikan atau pemahaman kader-kader INTI dan peserta lain agar dapat bersosialisasi atau berinteraksi membangun hubungan sinergis dan harmonis dengan masyarakat yang lain.

Mengakhiri, Lexy atas nama Ketua Umum Teddy Sugianto, Sekretaris Jenderal Ulung Rusman, Ketua Harian, jajaran Wakil Ketua Umum dan segenap pengurus pusat INTI mengucapkan selamat kepada peserta yang telah usai melangsungkan pelatihan Program Taplai Lemhannas-INTI dari hari Senin 30 Juli lalu hingga Minggu (5/8) ini.

"Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasinya dalam kegiatan Program taplai Lemhannas INTI Angkatan Pertama ini," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH