Musik

Suarasama Berdzikir pada Maha Pencipta

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 28 April 2021
Suarasama Berdzikir pada Maha Pencipta
Suarasama rilis lagu religi. (Foto: istimewa)

SETELAH comeback dengan single Syair Cinta pada Maret 2021. Pasangan Irwansyah Harahap dan Rithaoni Hutajulu kembali meluncurkan single terbaru bernuansa religi berjudul Malikul Quddus.

Karya Suarasama kali ini berangkat dari bentuk spiritual musik (sama’i) yang terdapat pada peradaban tradisi musik sufi Islam di Timur Tengah, khususnya peradaban musik Turki.

Baca Juga:

3 Lagu Bertemakan Persahabatan dengan Lirik yang Baper Habis

Lirik dalam komposisi lagu ini merupakan ungkapan 'dikr’ kepada Sang Pencipta. Garapan musikan diiringi secara minimalis oleh alat petik ‘fretless guitar’, menirukan alat musik khas Turki dan srutipeti India.

“Fretless bamboo guitar ini merupakan karya guru aku, Endo Suanda yang diberikan kepadaku lima tahun lalu. Secara bentuk mirip dengan gitar perdesiz yang ada di Turki,” jelas Irwansyah dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih.

Irwansyah Harahap sebagai komposer utama dari lagu Malikul Quddus, menggunakan Bahasa Arabis dan isinya merupakan pujian kepada sang Khaliq. Single ini khusus diterbitkan dalam rangka perayaan ibadah bulan suci Ramadan 2021. Juga diterbitkan khususnya untuk menyambut hari ke-17 Ramadan nantinya, yang merupakan peringatan Nuzulul Qur’an (turunnya Al Qur,an).

Malikul Quddus ditampilkan dengan gaya musik dengan genre World Music. Dalam karya ini, Suarasama mendapat inspirasi dari gaya musik Sufi Arab dan Turki. Khususnya dari pengalaman mereka ketika melanjutkan studi Master di bidang Etnomusikologi di Seattle, Washington, USA di pertengahan 1995.

Baca Juga:

Ardhito Pramono Rilis Lagu 'Tiger Song (Do The Wiggle)'

musik
Artwork single Malikul Quddus. (Foto: istimewa)

Pada masa studi ini, mereka banyak belajar langsung dengan para maestro musik dunia diantara pemusik legendaris, seperti Qawali Nusrat Fateh Ali Khan dan Darius Talai dari Iran.

Memasuki usianya yang sudah dua puluh lima tahun, Suarasama menadakan kehadirannya dengan single Syair Cinta yang memaknai tentang semangat kebebasan dan kemanusiaan.

Kemudian, single Malikul Quddus akan dapat didengar di berbagai digital platform seperti Spotify, Joox, Langit Musik, Resso, atau Itunes sejak 23 April 2021. Suarasama berharap semoga lagu ini dapat memberikan rasa sejuk dan damai saat melaksanakan ibadah Ramadhan di tengah situasi pandemi yang masih terjadi saat ini. (far)

Baca Juga:

Dipha Barus Keluarkan Remix VIP untuk Single ‘Flower’

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan