Sains

Suara Punya Warna, Mana yang Paling Menenangkan?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 19 Maret 2021
Suara Punya Warna, Mana yang Paling Menenangkan?
Seperi cahaya, suara memiliki warna yang ditangkap telinga dengan cara berbeda. (Foto: 123RF/chombosan)

SEPERTI halnya cahaya, suara dibuat dari banyak warna. Cahaya putih adalah kombinasi dari semua panjang gelombang warna dalam spektrum - ketika mereka terlihat bersama, mereka terlihat putih bagi mata.

Suara putih atau white noise adalah ekuivalen pendengaran dari cahaya putih - kombinasi dari setiap frekuensi pada spektrum akustik, yang menyatu untuk menutupi sebagian besar suara kecil terlepas dari frekuensinya.

Beberapa orang mendeskripsikan white noise sebagai desisan yang mirip dengan radio yang disetel ke frekuensi yang tidak digunakan.

Baca juga:

Perlu Tes COVID-19? Kopi di Pagi Hari Jawabannya

Suara Punya Warna, Mana yang Paling Menenangkan?
Sejumlah peneliti telah fokus pada versi gelombang suara putih yang lebih halus. (Foto: 123RF/Filip Uhlir)

Para pakar tidur sering mendengar pasien menceritakan keberhasilan dengungan yang lembut dan menenangkan untuk membantu tertidur pulas, terutama jika mereka cemas, menderita insomnia, atau tinggal di lingkungan perkotaan yang bising.

"White noise bekerja melalui proses yang disebut sound masking atau noise masking," kata Michael Grandner, yang memimpin Program Penelitian Tidur dan Kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Arizona, AS.

"Alat tersebut menciptakan selimut suara di sekitar Anda yang menyerap gelombang suara lain sehingga retakan dan retakan kecil serta mobil yang lewat tidak cukup sampai ke otak Anda dan Anda tidak meresponsnya," kata Grandner seperti diberitakan CNN (18/3).

Alasan lain mengapa white noise atau suara lain dapat menyebabkan tidur adalah karena itu telah menjadi bagian dari 'ritual tidur', kebiasaan malam hari yang kamu lakukan yang telah melatih otak untuk beristirahat.

"Boneka beruang tidak melakukan apa-apa tetapi membantu orang tidur, mereka menjadi stimulus terkondisi," kata Grandner, "Sama halnya dengan white noise - jika seseorang menyalakannya setiap malam, itu menjadi bel yang membuat kamu mulai mengeluarkan air liur, atau dalam hal ini sesuatu yang membuat mereka tertidur setiap hari."

Baca juga:

Benarkah Olahan Daging Kambing Tingkatkan Gairah Seksual?

Pink Noise dan Brown Noise

Suara Punya Warna, Mana yang Paling Menenangkan?
Brown noise mengandung lebih banyak bass daripada pink noise. (Foto: 123RF/Vadim Guzhva)

Sejumlah peneliti telah fokus pada versi gelombang suara putih yang lebih halus dan lebih lirih yang mereka sebut pink noise. 'Gelombang suara merah muda' ini lebih menekankan pada frekuensi yang lebih rendah, dengan kata lain ini bagian bass.

Suara-suara ini konon lebih menyenangkan di telinga manusia, seperti derai hujan yang stabil atau naik turunnya air pasang.

Brown noise mengandung lebih banyak bass daripada pink noise, lebih seperti gemuruh angin kencang, sungai yang deras atau deburan ombak. Beberapa orang mengklaim itu adalah yang paling menenangkan dari ketiga warna suara tersebut.

Lalu, mana yang paling baik untuk menenangkan diri dari gelombang suara white noise, pink noise dan brown noise ini?

"Apa yang saya katakan kepada pasien saya adalah, saya benar-benar tidak tahu mana yang lebih baik. Mengapa kamu tidak mencobanya saja untuk melihat mana yang membuatmu relaks?" Kata Dr. Phyllis Zee, yang mengarahkan Pusat Pengobatan Sirkadian dan Tidur di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg, AS.

Suara Punya Warna, Mana yang Paling Menenangkan?
Mendengar pink noise memicu tidur nyenyak dan meningkatkan daya ingat. (Foto: 123RF/wckiw)

Pink noise menjadi populer karena merupakan pilihan sejumlah peneliti yang bereksperimen dengan peningkatan daya ingat selama tidur.

Ada kemungkinan gelombang suara berwarna merah muda ini meniru gelombang otak selama tahap tiga 'gelombang lambat' atau tidur lelap, saat tubuh melakukan sebagian besar konsolidasi memori jangka panjang.

Sebuah studi kecil tahun 2013 di Jerman menemukan, mendengarnya memicu tidur nyenyak dan meningkatkan daya ingat.

Pada 2016, para peneliti melihat bagaimana mendengarkan pink noise ketika tidur siang dapat membuat seseorang lebih sedikit melupakan kata-kata yang harus mereka ingat sebelum tidur. (aru)

Baca juga:

Tidur Berkualitas Seperti Apa Sih?

#Sains #Tips Tidur #Tidur #Tidur Malam #Penelitian #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan