Suara Bom dan Tembakan Terdengar di Kawasan Stadion Manahan, Ada Apa Ya?

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 15 Maret 2018
Suara Bom dan Tembakan Terdengar di Kawasan Stadion Manahan, Ada Apa Ya?
Simulasi pengamanan Pilgub Jateng di Stadion Manahan, Solo, Kamis (15/3). Foto: MP/Win

MerahPutih.com- Ratusan massa bersenjata terlihat memadati halaman parkir, Stadion Manahan, Solo, Kamis (15/3). Sementara sisi lain, terlihat ratusan aparat keamanan berjaga-jaga. Tak berselang lama, suara ledakan bom hingga tembakan terdengar di sana.

Ya, kegiatan ini merupakan bagian dari simulasi yang dilakukan oleh Polresta Solo, jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. Dalam simulasi tersebut, massa merupakan salah satu pendukung calon Gubernur yang tak puas dengan hasil penghitungan suara.

Mereka pun berusaha menduduki kantor KPU. Namun, massa semakin tak terkendali, hingga mereka melakukan penahanan terhadap ketua KPU dan meletakan bom di kantor KPU..

Kapolresta Solo Kombes Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan, dalam simulasi ini melibatkan sebanyak 770 personil. Kapolresta mengakui, meski hanya simulasi namun skenario yang dibuat sama dengan kejadian yang terjadi di lapangan nanti.

”Kita melatih kepada anggota berulang-ulang, agar mereka tahu bagaimana tugasnya saat terjadi kejadian seperti itu. Ini kita skenariokan kejadian nyata, mendekatkan kejadian senyata mungkin membuat anggota kami semakin menambah pengetahuan dan pengalaman,” jelasnya.

Sementara itu Wakapolresta Solo AKBP Andi Rifai menambahkan, dengan simulasi ini menjadi pedoman bagi anggota, sehingga saat terjadi para anggota sudah tidak canggung lagi. Meski begitu, ia tak menampik masih ada sejumlah anggota yang binggung

Berita ini merupakan laporan Win, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

#Solo #Polresta Solo #Pilgub Jateng 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan