Suap Dirjen Hubla, KPK Periksa Kepala Pelabuhan Laut Batam Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi terkait kasus suap perizinan dan pengadaan proyek di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut tahun anggaran 2016-2017.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, tiga saksi tersebut diperiksa untuk melengkapi berkas tersangka Antonius Tonny Budiono (ATB), Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub nonaktif.

"Tiga saksi yang diperiksa untuk tersangka ATB, yakni Bambang Gunawan; Kepala Pelabuhan Laut Batam, Putut Sutopo; Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan Bongkar muat Indonesia (APBMI), dan Hesti ekawati; Kepala Bidang Logistik Distrik Navigasi Tanjung Priok," kata Febri saat dikonfirmasi, Senin (13/11).

Dalam kasus yang diawali dengan OTT pada Rabu (23/8) malam hingga Kamis (24/8) sore, penyidik lembaga antirasuah telah menetapkan dua tersangka yakni Antonius Tonny Budiono dan Komisaris PT Adhi Guna Keruktama, Adiputra Kurniawan.

Adiputra Kurniawan diduga menyuap Antonius Tonny Budiono di dua proyek berbeda yakni pengerukan di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan proyek di Pulau Pisang, Kalimantan Tengah.

Atas proyek di Tanjung Mas Semarang, Adiputra diduga menyuap Antonius Tonny Budiono sebesar Rp 1,174 miliar. Adiputra sendiri telah dilakukan pelimpahan tahap dua dan sedang menunggu jadwal sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta. (Pon)

Baca berita terkait KPK lainnya di: Setnov Kembali Mangkir dari Panggilan Penyidik KPK

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH