Film

Stuntman Alami Kecelakaan, Pembuat Film Fast & Furious 9 Didenda Rp 15 M

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 29 November 2023
Stuntman Alami Kecelakaan, Pembuat Film Fast & Furious 9 Didenda Rp 15 M
Stuntman The Fast Saga alami kecelakaan saat syuting. (Foto: IMDb)

WARALABA Fast and Furious terkenal karena adegan aksi otomotif berkecepatan tinggi dan pertarungan sengit, tapi kegiatan pembuatannya tidak selalu berjalan tanpa insiden.

Baru-baru ini, perusahaan produksi di balik film F9: The Fast Saga dihukum denda sekitar USD 1 juta (Rp 15,4 miliar) akibat cedera serius yang terjadi selama proses produksi, seperti diwartakan Motor1, Selasa (27/11).

Kejadian ini terjadi saat pengambilan gambar film di Leavesden, Inggris, pada bulan Juli 2019. Stuntman Joe Watts mengalami patah tulang tengkorak dan kerusakan otak setelah jatuh dari ketinggian 26 kaki (8 meter) ke permukaan beton.

Baca juga:

Vin Diesel Ingin Melawan Robert Downey Jr. di Fast and Furious 11

The Fast Saga tinggalkan korban stuntman. (Foto: IMDb)

Insiden tersebut terjadi dalam sebuah adegan di mana karakter lain melemparkannya dari balkon, dan saat ia gagal mencapai matras, garis penggantinya terlepas. FF9 Pictures, perusahaan produksi film, dijatuhi denda setelah dievaluasi oleh Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan Inggris.

Watts beruntung masih hidup, tetapi insiden ini memunculkan kekurangan dalam prosedur keamanan produksi film tersebut. Pengadilan menyimpulkan bahwa tidak ada sistem untuk memeriksa kembali keamanan kabel di antara pengambilan gambar pertama dan kedua.

Menurut jaksa, produksi tidak memperluas matras penangkis yang diperlukan untuk mengurangi dampak jatuh pada adegan tersebut, terutama setelah terjadi perubahan pada set dan urutan aksi. Hakim dalam kasus tersebut menekankan keberuntungan Watts yang masih hidup.

Baca juga:

Tank dari Film 'Fast and Furious' Terjual Rp 3,6 Miliar

Fast X berakhir dengan cerita yang menggantung. (Foto: IMDb)

Denda sebesar USD 1 juta tersebut dianggap sebagai bentuk sanksi atas kelalaian dalam keselamatan produksi film tersebut. Meski jumlahnya besar, jika dibandingkan dengan pendapatan global film F9 yang mencapai USD 726 juta (Rp 11,1 triliun), denda ini hanya menyentuh sekitar 0,14 persen dari total pendapatan kotor.

Fast X, sebagai angsuran berikutnya dalam waralaba film itu, berakhir dengan akhir film yang menggantung dan telah menciptakan antusiasme untuk kelanjutannya. Film ini dijadwalkan rilis pada 4 April 2025, dengan kabar mungkin akan ada lebih banyak film dalam franchise ini di masa depan. (waf)

Baca juga:

Sensasi Jadi Keluarga Dominic Toretto di Game Arcade 'Fast and Furious'

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan