Studio Pembuat Game Spider-Man dan Rachet and Clank Dibeli Sony Studio Insomniac resmi jadi milik Sony (Sumber: Twitter/PlayStation)

SONY merupakan salah satu raksasa industri video game. Mereka mampu mendominasi pasar dengan produknya PlayStation (PS). Selain memberi performa dan pengalaman luar biasa, banyak game eksklusif yang hanya dapat dimainkan di PS.

Menyadari kekuatan tersebut, Sony membeli studio Insomniac Games. Studio tersebut terkenal dengan game Spider-Man dan Rachet and Clank. Berita ini disampaikan Sony melalui Twitter resmi PlayStation.

"Insomniac Games adalah salah satu pengembang yang diakui di industri video game dan kemampuan mereka dalam membuat game dengan cerita yang bagus tidak tertandingi," kata Shawn Layden selaku dewan Sony Interactive Entertainment Worldwide Studio, seperti dilansir The Verge.

"Kami senang telah bekerjasama dengan mereka selama bertahun-tahun, dan bahagia untuk menyambut mereka secara resmi ke dalam keluarga Worldwide Studios," sambung Layden.

Game Spider-Man buatan Insomniac dirilis secara ekslusif untuk PS4. Game tersebut terjual sangat cepat di berbagai belahan negara. Selain itu, game Spider-Man juga memecahkan banyak rekor di Britania Raya.

Kerjasama tersebut mungkin menjadi cikal bakal keputusan Sony ini. Dengan resminya pembelian studio Insomniac, seluruh game yang mereka buat akan sepenuhnya dirilis untuk PS.

Sebelumnya Insomniac dan PS telah bekerjasama untuk game-game eksklusif lain. Game Spyro dan Ratchet and Clank yang juga ekslusif untuk PS dibuat oleh Insomniac.

Oleh sebab itu GameRant merasa aneh kenapa baru sekarang Sony berpikiran untuk membeli Insomniac. Meski tidak sehebat game Spider-Man, namun dampak yang dibawa kedua game tersebut cukup besar bagi 'brand' PS.

Rachet and Clank yang juga populer di PS dibuat oleh Insomniac (Foto: PlayStation)
Rachet and Clank yang juga populer di PS dibuat oleh Insomniac (Foto: PlayStation)

Kabar ini tentunya sangat baik bagi pihak Sony, Insomniac dan pengguna PS. Kerjasama ini memastikan Insomniac memiliki dana untuk memproduksi game selanjutnya.

Diharapkan game tersebut akan dapat menghibur banyak pengguna PS dan tentunya meningkatkan penjualan Sony. Terlebih jika Insomniac mampu membuat game untuk dirilis bersamaan dengan PS5.

Namun di sisi lain berita ini mungkin membuat para pengguna konsol di luar PS kecewa. Melihat kesuksesan game Spider-Man, tak heran jika Insomniac akan fokus membuat sekuel untuk game tersebut. Kerjasama antara Insomniac dan Sony menutup kemungkinan rilisnya sekuel Spider-Man tersebut di konsol-konsol lain. (sep)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH