Piala Dunia 2022

Studi Pemodelan Matematika Oxford Prediksi Brasil Juarai Piala Dunia 2022

Febrian AdiFebrian Adi - Rabu, 23 November 2022
Studi Pemodelan Matematika Oxford Prediksi Brasil Juarai Piala Dunia 2022
Oxford University punya cara sendiri untuk prediksi juara piala dunia 2022. (Foto: Unsplash/Rhett Lewis)

NAMA Brasil di Piala Dunia 2022 sudah harum walau belum mulai berlaga. Universitas Oxford memprediksi Brasil akan menjadi juara Piala Dunia 2022.

Universitas bergengsi di Inggris tersebut memprediksi Brasil jadi pemenang Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar secara ilmiah. Universitas tersebut menggunakan pemodelan Matematika untuk membuktikan Brasil merupakan tim terbaik di laga kompetisi sepakbola paling bergengsi di dunia tersebut.

Baca juga:

Waspada Penipuan Berkedok Piala Dunia 2022

Dalam salah satu unggahan resmi Instagram @oxford.mathematics, mahasiswa post-doctoral Institut Matematika Oxford Joshua Bull melakukan pemodelan matematika dengan mensimulasikan fase grup hingga satu juta kali dan mengambil hasil paling umum. Kemudian, algoritmanya disimulasikan kembali untuk fase gugur hingga 100 ribu kali. Model matematika tersebut diciptakan dengan cara menganalisis peringkat Elo masing-masing tim yang berlaga dari data laga internasional sejak 2018.

Sebagai informasi tambahan, Elo merupakan pemeringkatan untuk tim sepak bola asosiasi nasional pria yang diterbitkan oleh situs web Elo Ratings. Melalui pemodelan matematis tersebut, Oxford memprediksi Brasil akan menjadi tim dengan potensi juara terbesar.

Pada pemodelan matematika Oxford, Inggris justru kurang beruntung dalam Piala Dunia 2022, namun tetap memberikan hasil yang baik. Inggris melalui penghitungan tersebut akan mengalami kekalahan di perempat final (quarter-final).

Baca juga: 2,95 Juta Tiket Piala Dunia 2022 Sudah Terjual


Selanjutnya, Brasil akan menempuh babak final bersama Belgia. Secara persentase, prediksi kemenangan Brasil amat besar. Brasil meraih angka 61 persen dan Belgia memperoleh angka 38,7 persen.

Pemodelan matematis Oxford menunjukkan Belanda, Argentina, Spanyol, dan Brasil berada di sisi bagan yang sama. Sedangkan, Belgia menempati sisi yang sama dengan Inggris, Prancis, dan Portugal.

Brasil berada di Grup G bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun. Brasil akan memulai laga perdana melawan Serbia pada 25 November 2022. Kemudian melawan Swiss pada 28 November, dan menghadapi Kamerun di 3 Desember.

Apakah prediksi melalui studi pemodelan matematika ini akan menjadi nyata? Kita nantikan saja. (far)

Baca juga:

Seorang Ibu Marah Gara-gara Piala Dunia

Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan