Studi: ASI Dapat Tingkatkan IQ Anak

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Rabu, 18 Maret 2015
Studi: ASI Dapat Tingkatkan IQ Anak
Ibu menyusui (BBC)

MerahPutih Kesehatan – Sebuah studi jangka panjang dilakukan untuk menemukan hubungan antara menyusui dan kecerdasan sang anak. Ternyata ada hubungan serius yang menunjukkan keterkaitan keduanya.

Sebuah penelitian di Brazil telah menngobeservasi hampir 3.500 bayi, dari semua lapisan masyarakat, dan menemukan orang-orang yang telah disusui lebih lama mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ. Para ahli mengatakan hasil sementara ini tidak konklusif, tampaknya hal ini harus kembali lagi kesaran bahwa bayi harus mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan. (Baca: Berbahaya Mengkonsumsi Susu Mentah)

Seperti temuan yang diterbitkan oleh The Lancet Global Health, mereka menekankan ada banyak faktor yang berbeda selain menyusui yang dapat berdampak pada kecerdasan. Meskipun para peneliti tidak mencoba untuk menyingkirkan pembaur utama seperti pendidikan ibu, pendapatan keluarga dan kelahiran berat badan. (Baca: Mau Coba Yoghurt dari Bakteri Vagina?)

Untuk dampak jangka panjangnya sendiri, Dr Horta mempercayai Asi dapat memberikan keuntungan. Karena ASI merupakan sumber yang baik dari asam lemak jenuh yang penting untuk perkembangan otak.

Dr Colin Michie, ketua Royal College of Paediatrics and Child Health's nutrition committee, mengatakan sudah banyak studi yang dilakukan untuk membuktikan tentang hubungan antara menyusui dan IQ selama bertahun-tahun. Dan hasilnya valid, antara menyusui dan tingkat kecerdasan IQ memang mempunyai keterkaitan.

#Susu
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan