Studi: 70% Karyawan Cemas Soal Privasi Data Saat WFH Banyak karyawan yang khawatir akan keamanan siber saat WFH (foto: pixabay/free-photos)

PANDEMI COVID-19 yang melanda dunia, membuat masyarakat harus beradaptasi dengan keadaan. Sejumlah langkah untuk memutus mata rantai Virus COVID-19 pun dilakukan. Salah satunya dengan memberlakukan Work From Home (WFH) bagi para pekerja.

Rupanya di balik WFH banyak para pekerja yang khawatir. Menurut studi dari perusahaan solusi keamanan siber Cisco, menunjukkan bahwa sebanyak 70% karyawan cemas soal kemanan data pribadi mereka, saat bekerja jarak jauh saat pandemi.

Baca Juga:

Stres Saat WFH Sebabkan Alergi Kulit?

"Sebagian besar dari organisasi atau perusahaan, sebenarnya cukup mengalami perubahaan secara tiba-tiba untuk mempersiapkan work remote. Tantangan yang dihadapi ialah keamanan akses dan privasi data," tutur Marina Kacaribu, Managing Director Cisco Indonesia, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Sekitar 70% karyawan cemas soal kemanan data pribadi mereka (Foto: pixabay/thedigitalartist)

Selain itu, akses yang aman ke jaringan dan aplikasi, pun menjadi tantangan keamanan siber di peringat atas dengan jumlah sebanyak 70%. Adapun kekhawatiran perusahaan di Indonesia termasuk perlindungan terhadap malware yang mencapai 63%.

Pada laporan berjudul The Future of Secure Remote Work Report menunjukan, sebanyak 78% responden mengatakan mereka pernah mengalami peningkatan ancaman hingga peringatan siber sebesar 25% sejak pandemi COVID-19 melanda tanah air.

Angka tersebut dinilai cukup signifikan, khususnya lantaran sebagian besar perusahaan yang terdampak COVID-19, tak siap dalam mendukung WFH secara aman.

Meski demikian, mayoritas perusahaan di Indonesia, percaya bahwa perubahan kebijakan keamanan siber sangat dibutuhkan, khususnya dalam mengatasi situasi saat ini.

Sementara itu, terdapat sekitar 53% responden yang menyatakan bahwa perubahan kebijakan keamanan siber kurang dari keseluruhan kebijakan yang dibuat, hanya sekitar 30%.

Tapi, lebih dari 63 perusahaan di Indonesia, percaya bahwa mereka akan meningkatkan investasi keamanan siber. Dari total perusahaan yang melakukan hal tersebut, sebanyak 40% percaya diantaranya percaya investasi itu akan melebihi 30%.

Baca Juga:

Makan Siang saat WFH Harus di Waktu Tepat

Banyak perusahaan Indonesia yang akan meningkatkan keamanan siber untuk ke depannya (foto: pixabay/balourlarajesh)

Marina Kacaribu menjelaskan dua per tiga dari organisasi atau perusahaan di Indonesia melihat, bahwa ke depannya akan meningkatkan investasi mereka di keamanan siber.

Sekitar 35% perusahaan dikabarkan menempatkan peningkatan pertahanan siber secara keseluruhan, sebagai prioritas investasi utama mereka, dalam mempersiapkan dunia paska pandemi. Hal tersebut diimbangi dengan akses jaringan (28%) dan keamanan cloud (19%).

Mengenai hal tersebut, Juan Hot Koo selaku Cisco Director of Cybersecurity menambahkan, bahwa perusahaan harus menyadari bahwa ketahanan siber harus dilakukan sejak awal, bukan hanya akibat dari adanya peristiewa pelanggaran siber.

Survei dari Cisco itu pun menunjukan, bahwa perlindungan titik akhir atau endpoint, menjadi tantangan utama bagi perusahaan di Indonesia. Survei itu pun menunjukan 74% responden menyatakan keamanan laptop/desktop kantor merupakan tantangan terbesar untuk melindungi lingkungan kerja jarak jauh. (Ryn)

Baca juga:

Jangan Abaikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Apple Patenkan Lensa Periskop iPhone untuk 2022
Fun
Apple Patenkan Lensa Periskop iPhone untuk 2022

Apple mematenkan lensa periskopnya supaya tidak direbut perusahaan produk ponsel lain.

Cara Atasi Konflik Kakak Beradik Selama Pandemi
Fun
Cara Atasi Konflik Kakak Beradik Selama Pandemi

Kakak beradik harus berdamai selama pandemi.

Minyak Telon atau Losion, ini Pilihan Tepat untuk Kulit Bayi Lembap Terawat
Hiburan & Gaya Hidup
Minyak Telon atau Losion, ini Pilihan Tepat untuk Kulit Bayi Lembap Terawat

Minyak telon bisa menyababkan iritasi pada kulit bayi.

Pentingnya Peran Platform Online Khusus Pengaduan Bullying Pelajar
Fun
Webtoon Gandeng Artis Kpop dan DC dalam Berbagai Proyeknya
ShowBiz
Webtoon Gandeng Artis Kpop dan DC dalam Berbagai Proyeknya

Karakter superhero DC dan BTS akan muncul di Webtoon.

Ngabuburit Berisiko Tinggi, Balapan Liar
Fun
Ngabuburit Berisiko Tinggi, Balapan Liar

Bermodalkan motor punya emak, ngebut bak Valentino Rossi.

Inovasi Ribuan Anak Muda dalam Lomba Menulis Tentang Sampah Plastik
Fun
KULINERAN DI NEGERI AING
Hiburan & Gaya Hidup
KULINERAN DI NEGERI AING

Makan enggak makan asal maknyus!

Sony Rilis Warna Baru untuk Cover dan DualSense PlayStation 5
Fun
Fitur Terbaru Platform Komunikasi untuk Memudahkan Pengguna
Fun
Fitur Terbaru Platform Komunikasi untuk Memudahkan Pengguna

Fitur terbaru untuk memudahkan pengguna.