Stroberi dapat Mengendalikan Gula Darah Selain menyegarkan, tersimpan ragam manfaat yang terkandung dalam buah stroberi (Foto Pexels/Pixabay)

KALAU ke Puncak biasanya stroberi sangat mudah ditemukan. Banyak penjaja baik di lapak maupun asongan yang menawarkan buah merah yangmemiliki rasa manis-asam ini. Tak heran bila menjadi salah satu buah kesukaan anak-anak hingga dewasa. Kaya akan vitamin dan zat antioksidan, menjadikannya buah yang mampu menyembuhkan banyak penyakit. Bahkan mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Dilansir dari alodokter, terdapat beberapa penjelasan mengenai manfaat dari buah stroberi. Cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Dengan harga yang cukup murah, kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang dikandungnya.


Baca Juga:

Nah ini, Lima Manfaat Kesehatan Buah Blackberry yang Belum Kamu Ketahui


1. Menyehatkan Jantung

stroberi
Stroberi mampu menurunkan tekanan darah tinggi (Foto: Pexels/aphiwat chuangchoem)


Buah stroberi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama jantung. Kandungan antosianin di dalamnya, mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan air yang tinggi memberikan kesegaran tersendiri. Sering dijadikan jus maupun kudapan saat bersantai.

Menurut penelitian, buah stroberi mampu menurunkan kadar kolesterol. Tak hanya itu, juga efektif mengurangi pembentukan plak yang terjadi di pembuluh darah jantung. Sangat cocok dikonsumsi bagi pecinta makanan berlemak dan daging merah.


2. Menurunkan Tekanan Darah

stroberi
Buah stroberi baik untuk kesehatan jantung (Foto: Pixabay/silviarita)


Bagi penderita hipertensi, buah stroberi bisa menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan. Memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi, mampu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengatur tekanan darah. Sehingga, potensi terserang stroke maupun penyakit yang berhubungan dengan kondisi darah akan berkurang. Jika dikonsumsi secara rutin dengan cara diolah jadi jus maupun secara langsung. Manfaat yang terdapat dalam buah ini akan lebih maksimal.

Baca Juga:

Buah Ciplukan, Tanaman Langka dengan Segudang Manfaat

3. Antiradang & pencegah kanker

stroberi
Efektif cegah kanker dan peradangan (Foto: Pexels/kritina paukshtite)


Meskipun tidak bisa mengurangi kanker pada tubuh secara langsung. Buah stroberi mampu mencegah pertumbuhan kanker karena memiliki zat yang bernama ellagic acid. Selain mencegah pertumbuhan kanker, juga efektif melawan radikal bebas yang terpapar secara langsung maupun tidak langsung dari lingkungan sekitar. Meski begitu, penelitian masih dilakukan oleh para ahli untuk mencari tahu lebih dalam dari zat tersebut.

4. Mengendalikan kadar gula darah

stroberi
Buah stroberi jadi buah andalan penderita diabetes (Foto: Pixabay/pezibear)

Stroberi sering dijadikan makanan dengan rasa yang menyegarkan. Diantaranya yogurt, sereal hingga jus. Jadi menu sarapan pilihan keluarga karena kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Cocok sekali bagi kamu atau keluarga kamu yang menderita diabetes. Stroberi mampu memperlambat hingga mengurangi glukosa dan insulin dalam jumlah yang banyak. (Dys)


Baca Juga:

Pas untuk Hari yang Panas, Olahan Segar Buah Mangga



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH