Stretching Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung? Peregangan otot memberikan manfaat bagi aliran darah dan jantung. (Foto: Unsplash/Alora Griffiths)

PEREGANGAN otot atau stretching terlihat sederhana dan mudah. Di baliknya, latihan peregangan sederhana dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Peneliti Italia secara acak menempatkan 39 sukarelawan ke tiga kelompok. Kelompok pertama melakukan program 12 minggu, lima sesi 40 menit seminggu, peregangan kaki, pergelangan kaki dan kaki bilateral. Kelompok kedua melakukan latihan yang sama, tetapi hanya pada sisi kanan tubuh dan dalam sesi 20 menit. Kelompok kontrol tidak melakukan peregangan sama sekali.

Baca Juga:

Cara Paling Aman Menghadapi Tantrum Si Kecil

olahraga
Menurut penelitian di Italia, stretching memberikan manfaat pada aliran darah. (Foto: Unsplash/Christina Moroz)

Dengan menggunakan ultrasound dan teknik lainnya, para peneliti mengukur aliran darah, kekakuan arteri dan tekanan darah pada semua peserta sebelum dan sesudah regimen peregangan.

Para peneliti menemukan bahwa pada kelompok peregangan, fungsi vaskular meningkat di seluruh tubuh, bahkan pada arteri di area yang tidak terlibat dalam latihan peregangan.

Aliran darah meningkat secara signifikan di arteri paha, lutut dan lengan, sementara tekanan darah dan kekakuan arteri menurun.

Baca Juga:

Sarapan Sereal Berkafein, Bikin Produktif di Pagi Hari

olahraga
Membantu fungsi vaskular. (Foto: Unsplash/Matthew LeJune)

Dalam enam minggu setelah program dihentikan, fungsi vaskular kembali ke tingkat semula. Penemuan ini dipublikasikan di Journal of Physiology.

Penelitian yang dikepalai oleh Dr. Fabio Esposito, dekan sekolah ilmu olahraga di Universitas Milan, mengatakan bahwa peregangan dapat membantu orang yang cedera atau tidak mampu melakukan aktivitas fisik yang lebih kuat.

Namun, dia menambahkan, manfaat peregangan itu sederhana, dan "kami tidak menyarankan Anda mengganti peregangan dengan latihan aerobik". (avia)

Baca Juga:

Pilek pada Vagina Sebabkan Keguguran

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH