Stres Sebabkan Anak Sulit Tidur, Ini Penjelasannya Cari tahu memngapa anak kamu tidak bisa tidur. (Foto: Pixabay/dagon_)

KETIKA sang buah hati sulit tidur di malam hari tentu akan membuat para orang tua cemas. Pasalnya, pasti orang tua khawatir akan kondisi kesehatan anak lantaran kurang tidur.

Terkait hal itu, tak banyak yang tahu jika ketika anak tak dapat tidur nyenyak di malam hari, disebabkan oleh stres. Tanpa disadari banyak orang tua yang tak memperhatikan kecemasan sang buah hati.

Seperti yang dilansir dari sleepfoundation, stres kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah, dari mulai psikologis maupun fisik, dan salah satu efek samping yang paling sering yaitu gangguan saat tidur.

(Foto: Semengelsrud)

Anak-anak mungkin banyak yang mengalami kesulitan untuk tidur ataupun tidur nyenyak. Seperti halnya mengeluh karena mimpi buruk lalu meminta orangtuanya untuk tidur bersama, atau mencoba untuk tak tidur sama sekali.

Tapi untungnya kecemasan serta masalah tidur pada anak itu dapat diatasi. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting untuk membantu anak-anak mengelola stres.

Nah di luar kesulitan tidur, ada beberapa gejala yang mengindikasikan jiak sang anak sedang stres. Seperti halnya nafsu makan menurun, sakit kepala, kerap mengompol saat tidur, sakit perut, tak mampu untuk bersantai, keras kepala, tak mampu mengendalikan emosi, engga terlibat di kegiatan sekolah atau keluarga serta beberapa gejala negatif lainnya.

(foto: Pixabay/21150)

Sementara itu, jika anak kamu telah mengalami beberapa hal itu, cara untuk menguranginya yaitu lakukanlah kedekatan antara orang tua dan anak. Seperti halnya dengan makan malam bersama, bermain dengan anak, atau meluangkan waktu bersama dengan anak yang istilah gaulnya Quality Time. Karena dengan cara itu akan membantu mengurangi stres pada anak.

Namun jika cara-cara tersebut tak berhasil kamu lakukan dan merasa kesulitan untuk mengatasi stres pada anak, kamu jangan ragu untuk meminta bantuan kepada yang ahli dibidangnya, seperti halnya melakukan terapi atau berkonsultasi dengan dokter anak. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Viral, Bintang Film Dewasa Ini Tertangkap Kamera, Dukung Timnas Rusia

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala